Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Kontekstual pada Materi Menulis Teks Persuasi Kelas VIII SMP Ar-Risalah Lubuklinggau
Abstrak
Lembar kerja siswa (LKS) khususnya pada materi menulis teks persuasi yang digunakan guru masih berorientasi pada teks sehingga siswa kesulitan memahami materi secara kontekstual. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS menulis teks persuasi berbasis kontekstual siswa Kelas VIII SMP Ar-Risalah Lubuklinggau. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Dick & Carey. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, kuesioner, dan tes. Teknik analisis data untuk uji efektivitas menggunakan SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS menulis teks persuasi berbasis kontekstual Siswa Kelas VIII SMP Ar-Risalah Lubuklinggau yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan oleh guru bahasa Indonesia sebagai salah satu bahan ajar untuk mencapai tujuan pembelajaran menulis teks persuasi. Kemudian, hasil uji efektivitas produk menunjukkan bahwa penggunaan LKS menulis teks persuasi berbasis kontekstual mampu meningkatkan kemampuan menulis persuasi siswa.
Referensi
Agustin, I. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Tuna Rungu di SDN Inklusi. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 37-38. doi:10.30651/else.v3i1.2460
Amrolani, A., Muslihah, N. N., & Noermanzah, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi melalui Teknik Imajinasi Siswa Kelas IV SD Negeri 51 Lubuklinggau. Jurnal Perspektif Pendidikan, 8(1), 1-2.
Astuti, M. T. (2019). Yuk, Ungkap Idemu melalui Teks Persuasi Hingga Teks Tanggapan. Depok: PT. Duta.
Awalludin, A. (2018). Efektivitas Model Decision Making dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Persuasif Siswa Kelas X SMK Trisakti Baturaja. Jurnal Bindo Sastra, 2(1), 159. doi:10.32502/jbs.v2i1.923
Bomasati, A. (2019). Pengembangan LKPD Menulis Teks Persuasif Menggunakan Video untuk Siswa SMP KELAS VIII. Tesis, Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Lampung, http://digilib.unila.ac.id/59430/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
Daryanto, & Dwicahyono, A. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran: Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar. Yogyakarta: Gava Media.
Fannie, R. D., dan Rohati. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis PEO (Predict, Observe, Explain) pada Materi Program Linier Kelas XII SMA. Jurnal Sainmatika, 8 (1), 96-109.
Haikal, A. D., Harjito, & Umaya, N. M. (2018). Pemuatan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Menulis Naskah Drama Satu Babak Berbasis Kontekstual sebagai Pengembangan Bahan Ajar Untuk Siswa SMP di Kota Semarang. Teks, 3(1), 1-2. doi:10.26877/teks.v3i1.2779
Hidayati, F. H., & dkk. (2019). Hubungan Penguasaan Kalimat Efektif dan Kecerdasan Interpersonal dengan Keterampilan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII SMPN 26 Kota Tangerang. Jurnal Membaca , 4(2), 85-94.
Karto, Suhartono, Susetyo, Noermanzah, Maisarah, I. (2019). The Differences Ability in Writing Descriptive Texts by Using Chain Writing and Conventional Methods. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(10), 2718.
Noermanzah, N. (2015). Peran Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Mempertahankan Bahasa Indonesia sebagai Alat Pemersatu Negara Kesatuan Republik Indonesia pada Era Globalisasi. Dalam Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa 2015. Unit Penerbitan FKIP Universitas Bengkulu, p. 277. http://repository.unib.ac.id/11133/
Noermanzah, N., Emzir, E., & Lustyantie, N. (2017). Variety of Rhetorics in Political Speech President of the Republic of Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono and Joko Widodo in Educational Field. Humanus, 16(2), 222-223. doi:10.24036/humanus.v16i2.8103
Nugroho, A., Lazuardi, D. R., & Murti, S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar LKS Menulis Pantun Berbasis Kearifan Lokal Siswa Kelas VII SMP Xaverius Tugumulyo. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5(1), 2. doi:10.22219/kembara.vol5.no1.1-12
Puspita, A. M. I., & Purwo, S. (2019). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Literasi Dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(1), 2 doi:10.15575/al-aulad.v2i1.4426
Sukmadinata, N. S. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: PT. Refika Aditama.
Tegeh, I., dkk. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.