PEMBERDAYAAN EKONOMI KERAKYATAN DALAM PEMANFAATAN TANAMAN BAYAM YANG KAYA VITAMIN DAN GIZI PADA MASYARAKAT KAMPUNG DEMINI DISTRIK MOMIWAREN

PEMBERDAYAAN EKONOMI KERAKYATAN DALAM PEMANFAATAN TANAMAN BAYAM YANG KAYA VITAMIN DAN GIZI PADA MASYARAKAT KAMPUNG DEMINI DISTRIK MOMIWAREN

  • Wiska Baharuddin STKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Revisika Revisika STKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Enik Maturahmah STKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Nurul Abidin STKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Sigit Prafiadi STKIP Muhammadiyah Manokwari

Abstract

Program ini merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang memiliki tujuan untuk mensejahterakan masyarakat dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada, bayam (Amaranthus sp) merupakan salah satu tanaman yang sudah banyak dipromosikan sebagai sayuran yang banyak memiliki kandungan gizi yang tinggi, olahan keripik bayam merupakan salah satu inovasi yang dapat dilakukan oleh masyarakat dalam memanfaatkan bayam yang ada dilingkungan sekitar. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini terdiri dari tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil yang telah diperoleh dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah masyarakat telah dapat menguasai ketrampilan untuk mengolah bayam menjadi keripik dan dikemas secara menarik sehingga bisa dilakukan sebagai usahan untuk membantu perekonomian keluarga. Dengan mengikuti kegiatan ini diharapkan masyarakat disktrik momiwaren dapat memanfaatkan bahan-bahan yang mudah diperoleh untuk dibuat kripik sebagai camilan.

References

Ambarwati, R., & Nugroho, M. T. (2019). Analisis Nilai Tambah dan Risiko Rantai Pasok Keripik Bayam (Studi Kasus: UKM Khasanah), Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Aprianto, A. (2022). Peningkatan Kewirausahaan Keripik Bayam Menggunakan Media Sosial Untuk Meningkatkan Ekonomi Desa Kota Agung. Marlborough: Journal of Community Service, 1(1), 19-24.

Arifin, N., & Amelia, A. R. (2021). Edukasi Membudayakan Masyarakat Mengkonsusmsi Sayur Bayam Melalui Pengolahan Kripik Di Kampung Parang Kelurahan Tamaanrea Jaya Makassar. Window of Community Dedication Journal, 35-41.

Rukka, R. M., Busthanul, N., & Fatonny, N. (2018). Strategi Pengembangan Bisnis Keripik Bayam. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 14(1), 41-54.

Saputra, G. D. (2019). Konsep Cara Produksi Pangan yang Baik (Cppb) pada Pembuatan Keripik Bayam di UKM “MA’ZOOM” Sidoharjo, Sragen.

Syafitri, S., Priawantiputri, W., Dewi, M., & Aisyah, W. N. (2019). Produk Biskuit Berbasis Bayam dan Tepung Sorgum Sebagai Makanan Tambahan Ibu Hamil. Jurnal Riset Kesehatan Poltekkes Depkes Bandung, 11(2), 13-21.

Widaryani, W. (2019). Pemberdayaan ekonomi kelompok wanita tani (kwt) berbasis sumber daya alam di Dusun Ngaseman Kecamatan Kokap Kabupaten Kulonprogo. Jurnal Elektronik Mahasiswa Pend. Luar Sekolah-S1, 8(3), 311-317.

Widjayanti, W., Arahmah, S. A., Darajat, A., Apriansyah, A. H., & Aminullah, A. (2021). Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani Mawar Merah Untuk Mengolah Keripik Bayam Dengan Baik Di Desa Cijurey Kabupaten Sukabumi. Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat, 7(2), 80-88.
Published
2022-12-10