PENDAMPINGAN MENONTON FILM LASKAR PELANGI DALAM RANGKA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK-ANAK DIKELURAHAN ANDAY MANOKWARI

PENDAMPINGAN MENONTON FILM LASKAR PELANGI DALAM RANGKA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK-ANAK DIKELURAHAN ANDAY MANOKWARI

  • Deni Yuliani STKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Irma Suriani STKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Wiska Baharuddin STKIP Muhammadiyah Manokwari

Abstract

Pendampingan menonton film laskar pelangi dalam meningkatkan motivasi belajar anak merupakan pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu upaya pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar anak. Metode pendampingan menonton film dilakukan dengan pendekatan cinema therapy, kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan di Kelurahan Anday pada hari Senin tanggal 14 Februari 2022 dalam pelaksanaan kegiatan ini dihadiri oleh 23 anak dalam kegiatan pendampingan menonton film laskar pelangi di Kelurahan Anday Manokwari. Proses pendampingan yang dilakukan berjalan dengan baik dan lancar. Hasil yang diperoleh dari pendampingan menonton film laskar pelangi ini cukup bagus. Anak-anak sangat antusias selama proses pendampingan dan merasa sangat senang dengan kegiatan tersebut sehingga anak-anak juga termotivasi untuk belajar lebih rajin sehingga bisa mencapai cita-cita yang di impikan.

References

Darmayanti, N. W., Sueca, I. N., Utami, L. S., & Sari, N. (2020). Pendampingan bimbingan belajar di rumah bagi siswa sd dusun buruan tampaksiring untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(2), 207.

Fadlilah, A. N. (2020). Strategi menghidupkan motivasi belajar anak usia dini selama pandemi covid-19 melalui publikasi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 373-384.

Hamalik, O. (2011), Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nugraha, Y. P. A. (2016). Penggunaan Media Film terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar bagi Siswa Kelas VII di SMP Negeri Pontianak. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 3(2), 311-321.

Pribadi, B. (2009), Model Desain System Pembelajaran, Jakarta: Dian Rakyat

Santoso, A., & Rusmawati, Y. (2019). Pendampingan Belajar Siswa di Rumah Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar di Desa Guci Karanggeneng Lamongan. Jurnal Abdimas Berdaya: Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan dan Pengabdian Masyarakat, 2(02).

Sudirman, I. N., Darmayanti, N. W. S., Pradnyana, P. B., & Adiwijaya, P. A. (2021). Pendampingan Belajar Siswa Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar Di Desa Songan Dalam Memutus Laju Penyebaran Covid 19. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 867-870.
Published
2022-12-10