Pelatihan Senam Sehat Bagi Anak-Anak di Kampung Manggupi

  • Irma Suriani STKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Syahira Syahira STKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Syamsul Darmawan STKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Agustina Feti Suryanti STKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Roni Iyai STKIP Muhammadiyah Manokwari

Abstract

Kegiatan pelatihan senam sehat ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan dan kebugaran jasmani sejak dini. Anak-anak di Kampung Manggupi menjadi sasaran utama dari pelatihan ini dengan harapan dapat membangun pola hidup sehat yang berkelanjutan. Senam merupakan suatu cabang olahraga yang melibatkan performa gerakan yang membutuhkan kekuatan, kecepatan serta keserasian gerakan fisik yang teratur, melibatkan performa gerakan aktif secara fisik menjadi salah satu cara untuk memelihara kesehatan. Senam sering kali dilakukan dalam kelompok, yang memungkinkan anak-anak untuk berinteraksi dan belajar bekerja sama dengan teman-teman sebaya. Ini penting untuk pengembangan keterampilan sosial dan kemampuan untuk bekerja dalam tim. Melalui partisipasi dalam senam, anak-anak dapat belajar tentang pentingnya menjaga tubuh tetap aktif dan sehat, yang dapat membentuk kebiasaan sehat hingga dewasa. Dengan rutin berpartisipasi dalam senam sehat, anak-anak dapat menikmati berbagai manfaat yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka secara holistik. Senam dapat menjadi cara yang menyenangkan untuk tetap aktif, sehingga anak-anak cenderung menikmati dan melanjutkan kebiasaan sehat ini. Dengan mengintegrasikan senam sehat dalam rutinitas harian, anak-anak dapat menikmati berbagai manfaat ini yang mendukung perkembangan mereka secara menyeluruh.

References

Arifin, Z. (2018). Pengaruh latihan senam kebugaran jasmani (skj) terhadap tingkat kebugaran siswa kelas V di Min Donomulyo Kabupaten Malang. Al-Mudarris: Journal Of Education, 1(1), 22-29.

Lutfi, A., & Sumarno, A. (2021). Survei Tingkat Kesegaran Jasmani pada Siswa Ekstrakulikuler Sepakbola di SMA Negeri 1 Muaragembong. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8784-8788.

Ningsih, R. W., Farida, N., & Shalihat, H. M. (2022). Pemantauan Perkembangan Fisik Motorik Anak Prasekolah Melalui Kegiatan Senam Sehat Ceria Di Panti Asuhan Al-Marhamah Medan. Jurnal Abdimas Mutiara, 3(2), 166-172.

Prayogo, B. H. (2018). Pengaruh senam irama terhadap perkembangan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di tk muslimat nu gesang kabupaten lumajang. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 1(2), 108-116.

Prasetyo, Y. (2013). Kesadaran masyarakat berolahraga untuk peningkatan kesehatan dan pembangunan nasional. Medikora: Jurnal Ilmiah Kesehatan Olahraga, 11(2).

Suharjana. (2013). Kebugaran Jasmani.Yogyakarta: Jogja Global Media.

Syafril, S., Kuswanto, C. W., & Muriyan, O. (2020). Dua cara pengembangan motorik kasar pada anak usia dini melalui gerakan-gerakan senam. Jurnal Pelita PAUD, 5(1), 104-113.

Wijayanti, A. (2021). PTK Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar melalui Kegiatan Senam Irama (Kelompok Bermain Nurul Iman Padas Ngawi Tahun Ajaran 2018/2019). Journal of Modern Early Childhood Education, 1(01), 1-10.
Published
2024-06-25

Most read articles by the same author(s)