MENGEMBANGKAN BUDAYA LITERASI DI DESA ANJIR PASAR LAMA KABUPATEN BATOLA KALIMANTAN SELATAN

MENGEMBANGKAN BUDAYA LITERASI DI DESA ANJIR PASAR LAMA KABUPATEN BATOLA KALIMANTAN SELATAN

  • Tenny Murtiningsih Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Istiqamah Istiqamah Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Ica Lisnawati Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

Abstract

Literasi adalah suatu kemampuan individu dalam mengolah dan memahami informasi ketika melakukan kegiatan membaca dan menulis, membangun budaya literasi melalui taman bacaan di Desa Anjir Pasar Lama, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan. memiliki tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya minat membaca sejak usia dini, selain itu meningkatkan pengetahuan dan kemampuan masyarakat dalam membaca dan memahami isi buku. Untuk metode yang digunakan pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini terdapat 3 tahapan kegiatan yang akan dilakukan yang pertama yaitu tahapan persiapan berupa persiapan melakukan survey awal pada mitra, tahapan kedua yaitu pemberian materi tentang pentingnya menanamkan gemar membaca buku sejak usia dini, tahapan yang ketiga yaitu evaluasi. Target capaian pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah peningkatan kesadaran masyakarat mengenai pentingnya budaya literasi dengan menanamkan minat membaca sejak usia dini.

References

Abidin, Yunus, dkk. (2017). Pembelajaran Literasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Anggraini, S. (2016). Budaya literasi dalam komunikasi. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 15(3), 264-279.

Darmayanti, R. (2016). Membangun budaya literasi informasi bagi masyarakat kampus. IQRA: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi (e-Journal), 10(1), 92-101.

Gustini, Neng, dkk. (2015). Budaya Literasi. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Kalida dan Mursyid. (2015). Gerakan Literasi Mencerdaskan Negeri. Yogyakarta:
Aswaja Presindo.

Mardliyah, A. A. (2019, February). Budaya Literasi Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis di Era Industri Revolusi 4.0. In Prosiding SNP2M (Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) UNIM (No. 1, pp. 171-176).

Permatasari, A. (2015). Membangun kualitas bangsa dengan budaya literasi.

Pradana, F. A. P. (2020). Pengaruh budaya literasi sekolah melalui pemanfaatan sudut Baca terhadap minat membaca Siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2(1), 81-85.

Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019). Analisis pengembangan budaya literasi dalam meningkatkan minat membaca siswa di sekolah dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151-164.
Published
2022-12-10