Pendampingan Guru dalam Implementasi Digitalisasi Pengajaran dan Pendampingan Masa Pubertas Pada Peserta Didik

  • Petrus Murwanto Universitas Katolik Musi Charitas
  • Stefanus Setyo Wibagso Universitas Katolik Musi Charitas
  • Ongko Handoko Universitas Katolik Musi Charitas
  • Ria Triayomi Universitas Katolik Musi Charitas
  • Agnes Fibriana Kurniawati Universitas Katolik Musi Charitas

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pendampingan dalam implementasi digitalisasi pengajaran dan pengelolaan peserta didik pada masa pubertas bagi guru di SD Xaverius 3 Palembang. Pendampingan dilakukan melalui serangkaian pemaparan materi, simulasi dan diskusi, dengan fokus pada peningkatan kompetensi guru pada penerapan digitalisai pengajaran dan penanganan peserta didik yang sedang di fase pubertas. Selama kegiatan, guru diperkenalkan pengetahuan baru dan diajak praktik mengenai pemanfaatan teknologi informasi yang mendukung digitalisasi pembelajaran, juga berdiskusi tentang strategi dan solusi pengelolaan peserta didik di masa pubertas. Hasil dari pendampingan ini menunjukkan partisipasi aktif guru dengan antusiasme dan respon positif saat melakukan simulasi dan diskusi. Berdasarkan hasil post-test, terlihat bahwa program ini memberikan wawasan baru, meningkatkan kompetensi dan keterampilan guru dalam menghadapi tantangan pada era digital, serta mendukung guru agar siap mengatasi permasalahan peserta didik pada masa pubertas.

References

Fatmawati, & Sholikin. (2019). LITERASI DIGITAL, MENDIDIK ANAK DI ERA DIGITAL BAGI ORANG TUA MILENIAL. Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 11(2).

Hamidah, S., & Rizal, M. S. (2022). Edukasi Kesehatan Reproduksi dan Perkembangan Remaja di Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Kecamatan Gresik Kabupaten Gresik Jawa Timur. Journal of Community Engagement in Health, 5(2), 237–248. https://doi.org/10.30994/jceh.v5i2.384

Widiara, I. K. (2018). Blended Learning Sebagai Alternatif Pembelajaran Di Era Digital. Purwadita, 2(2).
Published
2025-06-09