PELATIHAN ROBOTIC DAN TEKNOLOGI ARDUINO BAGI GURU MIPA DAN PELAJAR SMA/SMK DI WILAYAH KABUPATEN MUSI RAWAS

  • Yaspin Yolanda STKIP PGRI Lubuklinggau, Indonesia
  • Wahyu Arini STKIP PGRI Lubuklinggau, Indonesia
Keywords: Pelatihan robotik dan Teknologi Arduino, Tingkat Pemahaman Peserta

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan pelatihan robotik line follower dan teknologi arduino sehingga meningkatkan pemahaman peserta dan (2) mengukur tingkat ketercapaian pemahaman peserta dalam membuat produk ilmiah robotik Line Follower dan Teknologi Arduino. Adapun sasaran peserta kegiatan pelatihan ini adalah guru-guru MIPA SMA/SMK di wilayah Kabupaten Musi Rawas. Pelatihan ini dilaksanakan dengan metode diskusi dan simulasi. Metode pelaksanaan dalam program pengabdian kepada masyarakat ini terbagi menjadi 3 tahap yaitu  Prakegiatan, Pelaksanaan dan Pasca kegiatan. Adapun teknik pengumpulan data berupa kuesioner dan dokumentasi hasil pelatihan yang diberikan setiap akhir pertemuan digunakan untuk perbaikan kualitas pelatihan dan pendampingan yang kami lakukan dan mengukur sejauhmana metode pembelajaran, sumber belajar yang digunakan instruktur bermanfaat bagi peserta, serta komposisi teori dan praktik yang diberikan kepada peserta. Kegiatan Pelatihan Dasar Teknologi Robotik dan Teknologi Arduino menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pelatihan robotik line follower dan teknologi arduino dilaksanakan dengan cara penyampaian materi dan simulasi pembuatan produk-produk robotik secara berkelompok sehingga dapat meningkatkan pemahaman peserta. dan (2) Tingkat ketercapaian pemahaman peserta adalah sangat baik dalam merangkai komponen, dan mengoperasikan sistem arduino diukur berdasarkan keberhasilan produk Line Follower yang telah dibuat peserta.

References

Daisy A.N Janis, Dkk. (2014), Rancang Bangun Robot Pengantar Makanan Line follower. e-journal Teknik Elektro dan Komputer (2014), ISSN: 2301-8402 1. Jurusan Teknik Elektro-FT, UNSRAT.

Widiastuti, Ika. Dkk. (2016), Peningkatan Kreativitas Siswa SD Negeri Karangrejo 2 Melalui Ekstrakurikuler Robotika. Prosiding Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dana BOPTN Tahun 2016, ISBN : 978-602-14917-3-7. Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Negeri jember.

Wijaya. Husain Arief. (2013), Evaluasi implementasi pelatihan Robotika Menggunakan Arduino di SMK Negeri 1 Sedayu Bantul. Universitas Negeri Yogyakarta.

Yusuf, M. Dkk. (2016). Implementasi Robot Line Follower Penyiram Tanaman OtomatisMenggunakan Metode Proportional–Integral–Derivative Controller (Pid. semanTIK, Vol.2, No.1, Jan-Jun 2016, pp. 111-124. ISSN : 2502-8928 (Online). Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Halu Oleo, Kendari
Published
2018-12-29