Motivasi Dan Hasil Belajar Fisika Pada Pembelajaran Daring Di MA Hidayatul Insan

  • Nurhikmah Amalia Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Mukhlis Rohmadi
  • Hadma Yuliani
Keywords: learning motivation, online learning, learning outcomes

Abstract

COVID-19 menghentikan sementara kegiatan pendidikan dan pembelajaran yang mengharuskan siswa belajar di rumah demi keselamatan dan kesehatan. Upaya yang dilakukan adalah mengubah pembelajaran konvensional menjadi pembelajaran daring menggunakan teknologi modern dengan mengembangkan pembelajaran berbasis internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana motivasi belajar siswa pembelajaran daring (2) bagaimana hasil belajar siswa pada pembelajaran daring. Jenis penelitian yang akan dilakukan adalah kuantitatif deskriptif. Pengambilan sampel secara purposive sampling, sampel yang digunakan adalah kelas X MA Hidayatul Insan Palangka Raya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar dan tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, Motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring diperoleh sebanyak 80% siswa pada kategori sedang dan 20% memiliki motivasi belajar siswa dengan kategori rendah. Dari analisis data di atas menunjukkan bahwa rata-rata motivasi siswa tergolong pada kategori sedang dengan jumlah rata-rata sebesar 68,2. Dan hasil belajar siswa menunjukkan bahwa terdapat 3 orang siswa yang belum tuntas dan 7 orang siswa sudah tuntas pada pembelajaran daring. Dengan persentase ketuntasan 70% dan rata-rata keseluruhan skor siswa adalah 77,3.

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.

Bloom, B.(1984). The Sigma Problem: The Search for Methods of Group Instruction as Effective as on-to-one Tutoring. Educational Researcher, 13(6), 4–16.

Chadwick, A. (2003). Interaction between States and Citizens in the Age of theiInternet:“e‐Government” in the United States, Britain, and the European Union. Governance, 16(2), 271–300.

Close, E. W., Conn, J., & Close, H. . (2016). Becoming physics people: Development of integrated physics identity through the Learning Assistant experience. Physical Review Physics Education Research, 12(1), 010109.

Darmayanti, T., Setiani, M. Y., & Oetojo, B. (2007). E-learning pada pendidikan jarak jauh: konsep yang mengubah metode pembelajaran di perguruan tinggi di Indonesia. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 8(2), 99–113.

Dede, S. (2008). Theoretical perspectives influencing the use of information technology in teaching and learning. In International handbook of information technology in primary and secondary education. In International handbook of information technology in primary and sec. Springer, Boston MA, 43–62.

Fathurrohman, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran Modern: Konsep Dasar, Inovasi dan Teori Pembelajaran. Garudhawaca.

Gumay, O. P. U., Ariani, T., & Putri, G. A. (2020). Development of Physics Modules Based on Inquiry in Business and Energy Subjects. Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ), 3(1), 46-60.

Jamaludin, J., Purba, R. ., Effendy, F., Muttaqin, M., Raynonto, M. ., Chamidah, D., & Puspita, R. (2020). Tren Teknologi Masa Depan. Yayasan Kita Menulis.

Kusmana, A. (2017). E-learning dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 14(1), 35–51.

Martens, R., Gulikers, J., & Bastiaens. (2004). The impact of intrinsic motivation on e‐learning in authentic computer tasks. Jornal of Computer Assisted Learning, 20(5), 368–376.

Nasrah, & Muafiah, A. (2020). Analisis Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa pada Masa Pandemik Covid-19. Journal of Computer Assisted Learning, 207–213.

O’Donnell, E., Lawless, S., Sharp, M., & Wade, V. . (2015). A review of personalised e-learning: Towards supporting learner diversity. International Journal of Distance Education Technologies (IJDET), 13(1), 22–47.

Parawanti, A. (2019). Pengaruh Pembelajaran Berbasis E-Learning Model Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare. In Doctoral dissertation.

Paulsen, M. ., Nipper, S., & Holmberg, C. (2003). Online education: Learning management systems: Global e-learning in a scandinavian perspective.

Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Belajar.

Raiser, R. . (2001). A history of instructional design and technology: Part iI: A history of instructional media. Educational Technology Research and Development, 49(1), 53–64.

Salsabila, F. (2020). Analisis Motivasi Belajar IPA Peserta Didik pada Pembelajaran E-Learning Class di SMPIT Nidaul Hikmah Salatiga Selama Masa Pandei Covid-19. Institut Agama Islam Negeri Indonesia.

Saputra, H. ., Ismet, F., & Andrizal. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Inovasi Dan Teknologi, 18(1).

Sardiman, A. (2008). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers.

Sugiyono. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Sulistyaningsih, D., Mawarsari, V. ., & Hidayah, I. (2017). Manipulatives implementation for supporting learning of mathematics for prospective teachers. In iJournal iof iPhysics: Conference Series. IOP Publishing, 824(1), 012047.

Trisna, N., & Ariani, T. (2019). Model direct instruction dengan teknik probing prompting: Dampak terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 4 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2018/2019. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 1(1), 24-37.

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. In Seminar Nasional Pendidikan, 2 No. 2, 1–17.
Published
2021-12-20