Analisis Tingkat Kejenuhan Belajar Fisika pada Pembelajaran Daring di SMA YPK Oikoumene Masa Pandemi Covid-19

  • Desi Yunisari Tutuala
  • Sri Wahyu Widyaningsih Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Papua, Papua, Indonesia
  • Kaleb A Yenusi Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Papua, Provinsi Papua Barat, Indonesia
  • Irfan Yusuf Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Papua, Provinsi Papua Barat, Indonesia
Keywords: Tingkat Kejenuhan Belajar, Pembelajaran Daring

Abstract

This study aims to analyze the level of learning saturation of students at SMA YPK Oikoumene in online learning.  The research method used in this study is a survey method using a questionnaire.  The sampling technique used was purposive sampling, with a sample of 60 students from class X and XI science.  The instrument used in this study was a learning saturation level questionnaire consisting of 15 statements.  The results of the analysis show that the level of learning saturation in students belongs to four categories, namely 1) very saturated 10%, 2) 60% saturated, 3) moderately saturated 27% and 4) unsaturated 3%.  While the level of saturation shown by YPK Oikoumene High School students is the saturation caused by very monotonous learning.  The results of the analysis using the Rasch model are 1).  The analysis carried out on the person there is one student with a very high level of saturation and two students with a very low level of saturation.  2). The analysis carried out on items, the statement with the highest logit value is the statement with the code P1 and the lowest is the statement with the code P15.

References

Agustina et al. (2019). Analisis Faktor Penyebab Terjadinya Kejenuhan Belajar pada Siswa dan Usaha Guru BK untuk Mengatasinya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling.

Ali, M. Penelitian Kependidikan dan Strategi. Bandung: Angkasa, 2013.

Arirahmanto, Sutam B. 2018. Pengembangan Aplikasi Penurunan Kejenuhan Belajar Berbasis Android untuk Siswa SMPN 3 Babat. UNESA Surabaya.

Depdiknas. Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, 2003.

Demerouti, E. et al. (2002). From Mental Strain to Burnout. Diakses dari http://www.researchgate.net/profile/FriedhelmNachreiner/publication/46629458Frommentalstraintoburnout/links/0fcfd5062e0a145b0c000000.pdf pada Tanggal 27 Februari, Jam 19:11 WIT.

Hakim, T. 2004. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.

Khodijah, Nyayu, 2014, Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Lawshe, C. A Quantitative Approach to Content Validity. Chicago: Personnel Physchology, 1975.

Manopo, C, Widyaningsih, SW, & Sebayang, SR. (2020). “Analisis Minat Belajar Mahasiswa FKIP Universitas Papua pada Pembelajaran Online”. Skripsi. FKIP, Pendidikan Fisika, Universitas Papua, Manokwari.

Ningsih, Laras K. (2020). “Kejenuhan Belajar Masa Pandemi Covid-19 Siswa SMTA di Kedungwungu Indramayu”. Skripsi. FKIP, Pendidikan Akutansi, Universitas Muhammadiyah, Surakarta.

Napsawati (2020). “Analisis Situasi Pembelajaran IPA Fisika dengan Metode Daring di Tengah Wabah Covid-19”. Karst: Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapan. Vol. (3): 1- 6.

Pawicara Ruci & Conilie Maharani (2020). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Institut Agama Islam Negeri Jember.

Riduan. 2004. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Rinawati Desy & Darisman Eka K. (2020). Survei Tingkat Kejenuhan Siswa SMK Belajar di Rumah pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Selama Masa Pandemi Covid-19. Journal of Science and Education (JSE). Vol. 1, No. 1, 2020. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Cetakan ke-16). Bandung: Alfabeta.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Saam, Zulfan. 2010. Psikologi Pendidikan. Pekanbaru: UR Press.

Syah, Muhibbin. 2005. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda karya.
Sumintono, B., & Widhiarso, W. Aplikasi Pemodelan Rasch pada Assassment Pendidikan. Bandung: Trim Komunikata, 2015.

Sutarjo, Ip. E., Arum, D. W., & Suarni, N. K. (2014). Efektivitas Teori Behavioral Teknik Relaksasi dan Brain Gym untuk Menurunkan Burnout Belajar pada Siswa Kelas VIII SMP Laboratorium UNDIKSHA SINGARAJA Tahun Pelajaran 2013/2014. E-Journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling.

Tim Kerja Kementerian dalam Negeri. 2020. “Pedoman Umum Menghadapi Pandemik Covid-19”. Diakses 18 April 2021.

Vitasari Ita. (2016). “Kejenuhan (Burnout) Belajar di Tinjau dari Tingkat Kesepian dan Kontrol Diri pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Yogyakarta”. Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan Konseling, Universitas Negeri Yogyakarta.
Published
2021-12-20