Pengaruh Software Modellus sebagai Media Simulasi Virtual terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa pada Mata Kuliah Fisika

  • Eka Maryam Universitas Bina Insan, Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, Indonesia

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dari pengaruh penggunaan software modellus sebagai media simulasi virtual terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa pada mata kuliah fisika. Bentuk desain penelitian ini menggunakan quasi eksperiment. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua jenis instrument yaitu kuisioner dan tes uraian. Kuisioner digunakan untuk mengukur sikap  berpikir kreatif dan tes uraian digunkan untuk mengukur kemampuan kognitif mahasiswa dalam berfikir kreatif. Hasil dari penelitian didapatkan penggunaan software modellus berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa yang dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar dari aspek afektif dan kognitif yang signifikan.  Sedangkan dari hasil uji  N-Gain didapatkan kenaikan rat-rata hasil ujian pada katagori tinggi yaitu sebesar 0,63 dari hasil rata-rata nilai ujian pretest dan postest kelas eksperimen.

References

Angellena, M., Switoro, E., & Putri, D. H. (2020). Pengaruh Pembelajaran Dengan Model Problem Solving Fisika (Psf) Terhadap Prestasi Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2), 83–90. https://doi.org/10.33369/jkf.3.2.83-90

Anisa, M. K., Permana P, N. D., & Nova, T. L. (2020). Penggunaan Simulasi Virtual Pada Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill (Hots) Siswa : Meta Analisis. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2), 163–170. https://doi.org/10.33369/jkf.3.2.163-170

Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (R. Damayanti (ed.); Edisi kedu). Bumi Aksara.

Creswell, J. W. (2011). Educational Research Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (M. Buchholtz (ed.)). Pearson Education.

Fahrudin, A. (2018). Universitas Papua Application and Its Effect on Elasticity Learning Achievement. 1(1), 22–33.

Gong, Y. (2021). Application of virtual reality teaching method and artificial intelligence technology in digital media art creation. Ecological Informatics, 63(January), 101304. https://doi.org/10.1016/j.ecoinf.2021.101304

Leen, C. C., Hong, H., Kwan, F. N. H., & Ying, T. W. (2014). Creative and Critical Thinking in Singapore Schools. In An Institure of Nanyang Technological University (Vol. 2, Issue 2).

Lusiyana, A., Rohim, S., & Rohman, F. (2017). Pengaruh Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran Fisika Berbasis Perangkat Lunak Modellus. JIPFRI (Jurnal Inovasi
Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 1(2), 65–74. https://doi.org/10.30599/jipfri.v1i2.116

Malina, I., Yuliani, H., & Syar, N. I. (2021). Analisis Kebutuhan E-Modul Fisika sebagai Bahan Ajar Berbasis PBL di MA Muslimat NU. Sılamparı Jurnal Pendıdıkan Ilmu Fısıka, 3(1), 70-80.

Melianti, E., Risdianto, E., & Swistoro, E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Macromedia Director Pada Materi Usaha Dan Energi Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.33369/jkf.3.1.1-10

Meltzer, D. E. (2002). The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible “hidden variable” in diagnostic pretest scores. American Journal of Physics, 70(12), 1259–1268. https://doi.org/10.1119/1.1514215

Neves, R. G. M., Neves, M. C., & Teodoro, V. D. (2013). Modellus: Interactive computational modelling to improve teaching of physics in the geosciences. Computers and Geosciences, 56, 119–126. https://doi.org/10.1016/j.cageo.2013.03.010

Neves, R. G., Silva, J. C., & Teodoro, V. D. (2010). Computational Modelling with Modellus: An Enhancement Vector for the General University Physics Course. 1–12. http://arxiv.org/abs/1006.4662

Nurdiana, H., Sajidan, & Maridi. (2020). Creative thinking skills profile of junior high school students in science learning. Journal of Physics: Conference Series, 1567(2), 316–328. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1567/2/022049
Radianti, J., Majchrzak, T. A., Fromm, J., & Wohlgenannt, I. (2020). A systematic review of immersive virtual reality applications for higher education: Design elements, lessons learned, and research agenda. Computers and Education, 147, 103778. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103778

Rezeki, S., & Ishafit, I. (2017). Pengembangan lembar kerja siswa ( LKS ) berbantuan media simulasi dengan modellus untuk pembelajaran kinematika di sekolah menengah atas. Etnosains Dan Peranannya Dalam Menguatkan Karakter Bangsa, 130–133.

Sari, R. P., Sakti, I., & Hamdani, D. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Fluida Statis Dengan Scientific Approach Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sman Kota Bengkulu. DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.33369/diksains.v1i1.14692
Published
2021-12-20