PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER MENGGUNAKAN SPINNING WHEEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP

  • Nanda Nabila Lestari Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Riau, Riau, Indonesia
  • Azizahwati Azizahwati Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Riau, Riau, Indonesia
  • Muhammad Syafi’i Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Riau, Riau, Indonesia
Keywords: Cooperative Learning, Hasil Belajar, Numbered Heads Together, Spinning Wheel

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT menggunakan Spinning Wheel terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP tentang getaran, gelombang, dan bunyi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Experiment Design, dan desain penelitiannya adalah Non-equivalent Posttest only Group Design. Penelitian ini  dilakukan di SMPN 7 Tambang, siswa kelas VIII E (total 32) dan siswa kelas VIII F (total 30) dijadikan sebagai subjek penelitian. Hasil ulangan harian yang diberikan kepada siswa pada materi getaran, gelombang, dan bunyi yang terdiri dari 16 soal pilihan ganda digunakan sebagai data penelitian. Hasil uji hipotesis menunjukkan  signifikansi (sig, 2-tailed) sebesar 0.011, maka H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelas. Dengan selisih rata-rata sebesar 9,43, diperoleh rata-rata hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT jauh lebih besar dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran konvesional, dengan selisih rata-rata 9,43. Kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 63,33, sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 53,90.

References

Anderson, L. W., & Krathwohl, R. D. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. Longman.

Andini, D. A. (2022). Implementasi Pembelajaran Menggunakan Laboratorium Virtual Pada Materi Cahaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 42 Pekanbaru. Universitas Riau.

Azhar. (2008). Pendidikan fisika dan keterkaitannya dengan laboratorium. Jurnal Geliga Sains, 2(1), 7–12. poiuy
Batubara, F., & Sinulingga, K. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatıf Tıpe Number Head Together Terhadap
Hasıl Belajar. Jurnal Inpafi, 2(2), 49–54.

Effendi, R. (2017). Konsep Revisi Taksonomi Bloom Dan Implementasinya Pada Pelajaran Matematika SMP. JIPMat, 2(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1483

Handayani, N., Wijayanti, A., & Listyarini, I. (2018). Keefektifan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Berbantu Media Roda Pintar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 404. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16158

Hapsari, A. D., Handhika, J., & Huriawati, F. (2017). Implementasi Inkuiri Terbimbing pada Pembelajaran Getaran, Gelombang dan Bunyi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Kognitif. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 2(2012), 285. https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v2i0.16414

Huda, N. F. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Spinning Wheel dalam Pembelajaran Qawaid Nahwu. Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 155–174. https://doi.org/10.32699/liar.v4i2.1495

Kurniawan, Y. (2019). Inovasi Pembelajaran. Oase Group.

Machfud, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Respons, Aktivitas, dan Hasil Belajar Siswa. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 6(02), 105–120. https://doi.org/10.25273/pe.v7i01.1140

Mahardika, N. A., Ariani, T., & Lovisia, E. (2024). Analysis of Student Learning Motivation Through The Predict, Observe, Explain (POE) Learning Model. Equator Science Journal, 2(1), 1-6.

Munawaroh, S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Getaran dan Gelombang melalui Metode Diskusi Kombinasi 2C B. Jurnal Pendidikan Madrasah, 4(2), 257–262. https://doi.org/10.14421/jpm.2019.42-14

Nursyamsi, Corebima, A. D., & Susilo, H. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Numbered Heads Together ( NHT ) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 1(10), 1993–1998.

Pratiwi, E. D., Hutahaean, S. D., Bustan, A., & Dinata, P. A. C. (2022). Analısıs Kesulıtan Sıswa Dalam Menyelesaıkan Soal Pada Materı Getaran Dan Gelombang Dı Kelas VIII Mts Negerı 1 Palangka Raya. Journal of Banua Science Education, 2(2), 85–92. https://doi.org/10.20527/jbse.v2i2.101

Puteri, L., & Mintohari. (2022). Pengembangan Spinning Wheel Sebagai Media Pembelajaran Siswa Materi Perubahan Lingkungan Kelas V Sekolah Dasar. Jpgsd, 10(7), 1541–1551.

Rahmanita. (2017). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pengukuran Di Kelas X MAN 2 Aceh Barat. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Rahmawati, A., Ismaya, E. A., & Roysa, M. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Numbered Head Together Berbantuan Media Roda Putar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal on Education, 2(4), 283–296. https://doi.org/10.31004/joe.v2i4.321

Sukardi, Zainuddin, & Syamsiati. (2014). Penıngkatan Hasıl Belajar Sıswa Menggunakan Metode Percobaan Dalam Pembelajaran Ipa Dı Sekolah Dasar. Jpgsd.

Supardi, Leonard, Suhendri, H., & Rismurdiyati. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Formatif, 2(1), 71–81.

Taufik, M., Nasir, M., & Syaflita, D. (2022). Application of Learning Media Game an Intel ’ s Science Missions Based on Borland Delpi 7 on Static Electricity Material to Improve Students ’ Cognitive Learning Outcomes. 05(12), 289–292.

Tulasi, D. (2012). Merunut Pemahaman Taksonomi Bloom : Penemuan Awal Taksonomi. Humaniora, 1(9), 359–371.
Published
2024-06-07