VALIDITAS DAN PRAKTIKALITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS METODE EKSPERIMEN PADA MATERI GETARAN HARMONIK SEDERHANA

  • Khairan Mathluba Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Riau, Riau, Indonesia
  • Naila Fauza Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Riau, Riau, Indonesia
  • Zulhelmi Zulhelmi Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Riau, Riau, Indonesia
Keywords: LKPD, Experimental Method, Practicality, Validity

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas LKPD berbasis metode eksperimen pada materi getaran harmonik sederhana dalam pembelajaran fisika di SMAN 4 Pekanbaru. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan bahan ajar seperti LKPD dengan pendekatan metode eksperimen agar memenuhi standar validitas dan praktikalitas, sehingga layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran fisika di SMAN 4 Pekanbaru. Model pengembangan dalam penelitian ini mengadopsi model pengembangan ADDIE yang dikemukakan oleh Branch, dengan tiga tahap yaitu Analysis, Design, and Development. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yaitu dengan cara menghitung skor validitas setiap instrument perangkat LKPD kemudian dilakukan penarikan kesimpulan. Validasi dilakukan oleh 3 dosen ahli jurusan PMIPA sebagai validator, hasil validasi pada LKPD eksperimen bandul mendapatkan nilai sebesar 3,85, LKPD eksperimen pegas mendapatkan nilai 3,92 dan LKPD gaya pemulih mendapatkan nilai 3,89 dengan kategori valid. Sementara praktikalitas tersebut dilakukan oleh 3 guru dan 10 siswa di SMAN 4 Pekanbaru dengan hasil praktikalitas menurut guru pada setiap LKPD mendapatkan nilai masing-masing sebesar 3,87 dan hasil praktikalitas menurut siswa pada LKPD eksperimen bandul mendapatkan nilai sebesar 3,66, LKPD eksperimen pegas mendapatkan nilai 3,72, dan LKPD gaya pemulih mendapatkan nilai 3,67 dengan kategori praktis. Sehingga dapat dinyatakann bahwa LKPD berbasis metode eksperimen pada materi getaran harmonik sederhana valid dan praktis.

References

Ariani, T. (2020). Perbandingan Model Pembelajaran Problem Based Instruction Dan Inquiry Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 8(2), 99-107.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Aryansi, D., & Yolanda, Y. (2020). Pengembangan Buku Ajar Fisika Berbasis Kotekstual pada Materi Medan Magnetik Siswa Kelas XII SMA Negeri 2 Muara Beliti. SILAMPARI JURNAL PENDIDIKAN ILMU FISIKA, 2(2), 107–118. https://doi.org/10.31540/sjpif.v2i2.1004

Asrizal, & H. (2015). Development of authentic Assemet for Supporting The Inquiry Learning Model In Basic Electronics 1 Course. The International Conference on Mathematics, Science, Education and Technology. Prosiding ICOMSET 2015. FMIPA UNP. Padang., 108–113.

Branch, R. M. (2010). Instructional design: The ADDIE approach. In Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer US. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6

Djamas, D. (2015). Perangkat Pembelajaran Statistik Pendidikan. Program Pascasarjana Pendidikan Fisika UNP.

Efstathiou, C., Hovardas, T., Xenofontos, N. A., Zacharia, Z. C., deJong, T., Anjewierden, A., & van Riesen, S. A. N. (2018). Providing guidance in virtual lab experimentation: the case of an experiment design tool. Educational Technology Research and Development, 66(3), 767–791. https://doi.org/10.1007/s11423-018-9576-z

Jannah, M., Putra, A., Hufri, ), Wahyuni, ), Dewi, S., Silvi, ), & Sari, Y. (2019). Validitas dan Praktikalitas LKPD Berbasis Strategi Scaffolding pada Materi Pengukuran dan Vektor untuk Kelas X SMA/MA. In Physics Education (Vol. 12, Issue 4).

Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Akamedia Permata.

Majid, A. (2012). Perencanaan Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.

Pupuh Fathurohmah, & S. S. (2011). Strategi Belajar Mengajar: Strategi Mewujudkan Pembelajaran Bermakna Melalui Konsep Umum dan Islami. Refina Aditama.

Rahayu, Chichi. , & F. F. (2018). Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Model Pembelajaran Generatif dengan Pendekatan Open-Ended Problem untuk Menstimulasi Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 1–6.

Sugiyono. (2015). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development). Alfabeta.

Suryaningsih, Y. (2017). PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM SEBAGAI SARANA SISWA UNTUK BERLATIH MENERAPKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DALAM MATERI BIOLOGI. 2(2), 49–57.

Usmeldi, U., & Amini, R. (2021). Pelatihan Penggunaan KIT IPA dan Pengembangan LKPD Berbasis Praktikum untuk Guru IPA. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 1(2), 56–65. https://doi.org/10.37640/japd.v1i2.1010

Widoyoko, E. P. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Belajar.

Wina, S. (2012). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Prenada Media Group.

Wiratma Jaya, G., Sembel, E. K. R. N., Subagiyo, L., & Yunus, M. (2014). PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA SISWA KELAS X MIA 3 SMA NEGERI 1 TENGGARONG (Materi Suhu dan Kalor). http://jurnal.unej.ac.id/index.php/STF

Zainal, A. (2011). Penelitian Pendidikan Metode Paradigma dan Paradigma Baru. PT. Remaja Rosdakarya.
Published
2024-06-07