PENGGUNAAN MEDIA SEDERHANA PADA PEMBELAJARAN MATERI LISTRIK DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

  • Dela Fazira Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Riau, Riau, Indonesia
  • Y Yennita Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Riau, Riau, Indonesia
  • Mitri Irianti Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Riau, Riau, Indonesia
Keywords: Learning Outcomes, Dynamic Electrical Material, Simple Media

Abstract

This research aims to determine the differences in student learning outcomes who apply learning using simple media and conventional learning on dynamic electrical material. This research uses a quasi-experimental design, with a posttest-only control group design. The sample in this research were students from Brawijaya I and Brawijaya II IX classes at Taruna Sakti Middle School. Multiple choice questions with a total of 18 questions were the data collection method used in this research. In carrying out descriptive analysis, data analysis methods include analysis of calculating the mean, median, mode, and standard deviation. Student learning outcomes in classes that use simple media show a high category with an average of 74.95, while classes that take part in conventional learning reach the sufficient category with an average of 63.38. Thus, it shows that there are differences in the learning outcomes of students who apply learning using simple media and those who apply conventional learning.

References

Alim Peranginangin, Hotrisman Barus, and Rafeli Gulo. (2020). “Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Di Ajar Dengan Model Pembelajaran Elaborasi Dengan Model Pembelajaran Konvensional.” Jurnal Penelitian Fisikawan 3: 43–50.

Arifin. (2016). Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, Teknik, dan Prosedur). Jakarta: Rosda Karya.

Apriyani, N., Ariani, T., & Arini, W. (2020). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Discovery Learning pada Materi Fluida Statis Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2019/2020. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 2(1), 41-54.

Handayani, Putri, and Desri Nora. (2023). “Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Kelas XI Sosiologi SMAN 1 Ampek Nagari.” Naradidik: Journal of Education and Pedagogy 2(1): 1–8.
Indriani, Sinta Putri, I Made Ariasa Giri, and I Ketut Ngurah Ardiawan. (2022). “Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Media Praktikum Sederhana Terhadap Hasil Belajar IPA.” Indonesian Journal of Learning Education and Counseling 5(1): 44–52.

Kurniawati, Fitria Nur Auliah. (2022). “Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dan Solusi.” Academy of Education Journal 13(1): 1–13.

Kusumaningrum, R W. (2019). “Analisis Pemahaman Konsep Materi Listrik Dinamis Dengan Game Quizizz Pada Mahasiswa Jurusan Fisika Universitas Negeri Malang.” Seminar Nasional Fisika dan Pembelajarannya 2019: 23–28.

Listiani, Welas, and Rachmawati Rachmawati. (2022). “Transformasi Taksonomi Bloom Dalam Evaluasi Pembelajaran Berbasis HOTS.” Jurnal Jendela Pendidikan 2(03): 397–402.

Neti Nafrianti, Z. A. Imam Supardi, Erman. (2016). “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Phet Pada Materi Listrik Dinamis Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa.” Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya 6(1): 1100–1106.

Noor, Faiq Makhdum, Dody Rahayu Prasetyo, and Ulya Fawaida. 2019. “Pemanfaatan Alat Dan Bahan Dari Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran Sederhana Mata Pelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mts Muwahidun Gembong.” Thabiea : Journal of Natural Science Teaching 2(2): 111–17.

Novi Hartanto, Arief Hidayat, Fitro Nur Hakim. (2016). “Rancang Bangun Media Pembelajaran IPA Organ Pencernaan Berbasis Role Playing Game Untuk Kelas V SD.” Komputaki 1(1): 39–55.

Nurhuda, Hengki. (2022). “Masalah-Masalah Pendidikan Nasional; Faktor-Faktor Dan Solusi Yang Ditawarkan.” Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar 5(2): 127–37.

Prihatni, Yuli, Kumaidi Kumaidi, and Mundilarto Mundilarto. (2016). “Pengembangan Instrumen Diagnostik Kognitif Pada Mata Pelajaran Ipa Di Smp.” Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 20(1): 111–25.

Rahadian, Dian. (2018). “Pergeseran Paradigma Pembelajaran Pada Pendidikan Tinggi.” Jurnal Petik 2(1): 1–7.

Ramlan Effendi. (2017). “Konsep Revısı Taksonomı Bloom Dan Implementasınya Pada Pelajaran Matematıka SMP” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 2: 72–78.

Ruwaida, Hikmatu. (2019). “Proses Kognitif Dalam Taksonomi Bloom Revisi: Analisis Kemampuan Mencipta (C6) Pada Pembelajaran Fikih.” Jurnal.stiq-amuntai.ac.id 4(1): 51–76.

Sinaga, Tiara Nitaria, Nurhamidah Nurhamidah, and Dewi Handayani. (2022). “Perbandingan Hasil Belajar Kimia Siswa Menggunakan Kartu Truth and Dare Dengan Pembelajaran Konvensional.” Alotrop 6(1): 80–86.

Surya Sahayu, Sherina, I nyoman Jampel, and I nyomn Laba jayanta. (2018). “Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting Berbantuan Media Sederhana Terhadap Hasil Belajar IPA.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 2(3): 321.
Utami, Yunita Setyo. (2020). “Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipa.” Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 2(1): 104–9.

Vera Iriani Abdullah, Nurul Asikin, Windi Perkasa, and Elim Halimatusadiyah. (2023). Media Pembelajaran dan Evaluasi Pembelajaran. Kediri: CV Kreator Cerdas Indonesıa

Wirda, Hayati, Erly Mauvizar, and Ani Darliani. (2023). “Edukasi Siswa Sekolah Dalam Rangka Meningkatkan Ketertarikan Pada Mata Pelajaran IPA Di Desa Lampermei-Aceh Besar.” J.Pkm 29(1): 64–68.
Published
2024-06-07