STUDI LITERATUR: PENGARUH PENGGUNAAN LKPD BERBASIS ELEKTRONIK MENGGUNAKAN PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ABAD 21 PESERTA DIDIK

  • Zahra Salsabila Wedy Department of Physics, Faculty Mathematics and Science, Universitas Negeri Padang Jalan Prof. Dr. Hamka, Air Tawar Padang, Sumatera Barat
  • Desnita Desnita Department of Physics, Faculty Mathematics and Science, Universitas Negeri Padang Jalan Prof. Dr. Hamka, Air Tawar Padang, Sumatera Barat
Keywords: E-LKPD, STEM, 21st century skills

Abstract

This study was conducted to determine the effect of using electronic-based LKPD using the STEM approach to improve students' 21st century skills. The research uses literature reviews by analyzing and looking at the effectiveness of the use of electronic-based LKPD using a STEM approach to 21st century learners' skills. Considering the outcomes of the literature review of 40 articles obtained from searches on google schoolar obtained it is discovered that this approach makes a noteworthy contribution in meeting the needs of more dynamic and interactive learning. Physics LKPD using the STEM approach shows the importance of presenting learning materials with relevant contexts, encouraging students to think critically, creatively, communicatively and collaboratively about the application of physics in everyday life from articles that have been obtained from goole schoolar. So one might argue that the utilization of electronic -based LKPD using the STEM approach can enhance pupils' 21st century abilities.

References

Fithri, S., Tenri Pada, A. U., Artika, W., Nurmaliah, C., & Hasanuddin. (2021). Implementasi LKPD Berbasis STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 555-564.

Ainun, D., Dwi A.P, P., & Singgih Budiarso, A. (2021). Pengembangan Modul Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Pokok Bahasan Alat-Alat Optik Dalam Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 126-132.

Ai'syah, A., Salma, U. Z., & Dewi, N. R. (2022). Pengembangan E-LKPD Berpendekatan STEM Menggunakan Google Form dan Linktree untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Proceeding Seminar Nasional IPA XII, 301-314.

Aldila, C., Abdurrahman, & Sesunan, F. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis STEM untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal FKIP Universitas Lampung.

Amali, K. K. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Journal of Natural Science and Integration, 70.

Annida, S. F., Putra, A. P., & Zaini, M. (2022). Pengaruh Penggunaan E-LKPD Berbasis Liveworksheets Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Konsep Pembelahan Sel. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan, 155-167.

Asshidiq, M. N., Wilda, S., & Risnita. (2023). Pengembangan E-LKPD Pada Materi Tekanan Zat Cair untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir. Jurnal Pendidikan Fisika UNDIKSHA, 276-285.

Cahyani, Mitha Nur; , Viyanti; , Anggreini;. (2023). Penerapan Model PjBL Terintegrasi STEAM Berbantuan LKPD Elektronik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. SINAPMASAGI (Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains dan Teknologi), 65-77.

Chukwuyenum, A. N. (2013). Impact of Critical thinking on Performance in Mathematics among Senior Secondary School Students in Lagos State. Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), 18-25.

Damayanti, D. S. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Listrik Dinamis SMA Negeri 3 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013. RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 58-62.

Daniel, Pramuda, A., & Sukadi, E. (2022). Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) SMP Berbasis STEM (Science Technology Engineering Mathematics) dengan Pendekatan Inkuiri. Seminar Nasional Pendidikan Fisika VII, 1-9.

Dewi, A. P. (2019). Implementasi Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematic (STEM) Pada Materi Usaha dan Energi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Pendidikan Fisika Universitas Ahmad Dahlan, 1-11.

Duron, R. (2006). Critical Thinking Framework for Any Discipline. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 160-166.

Ermayanti, & Sulisworo, D. (2016). Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik setelah Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik setelah Sekolah Menengah Atas (SMA). Prosiding Seminar Nasional Quantum, 175-181.

Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh Pembelajaran STEAM Berbasis PJBL (Project-Based Learning) terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Berpikir Kritis. Perspektif Mahasiswa, 209-226.

Griffin, P., & Care, E. (2015). The ATC21S Method. Assessment and Teaching of 21st Century Skills. https://doi.org/10.1007/978-94-017-9395-7_1.

Hasanah, D., Budhi, W., & Khotimah, N. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Fisika Berbasis STEM Pada Topik Elastisitas dan Hukum Hooke. Compton (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 130-139.

Herawati, E. P., Gulo, F., & Hartono. (2016). Interaktif untuk Pembelajaran Konsep Mol di Kelas X SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia, 168–178.

Herlina. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Elektronik Berbasis STEAM untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar. Chemistry Education Review, 98-206.

Khairunnisa, P. D., & Tanjung, I. F. (2023). STEM Based Student Worksheets to Improve Ecosystem Material Critical Thinking. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 48-55.

Khovivah, A., Gultom, E. S., & Lubis, S. S. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning dan Pengaruhnya terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 152-161.

Kiswanto, R. A. (2024). Pengembangan E-LKPD Bermuatan STEM Terintegrasi Etnosains untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Koloid. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan, 10-23.

Kiswari, L., Singgih, S., & Muhlisin, A. (2022). STEM-Based LKPD Development and Contextual Problems to Improve Explanation, Concluding, and Evaluating Skills. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 140-157.

Koes, S., Kusairi, S., & Muhardjito. (2015). The Effects of Scaffoldings in Cooperative Learning on Physics Achievement Among Senior High School Students. Proceeding International Seminar on Mathematics, Science, and Computer Science Education, 69-73.

Larson, L. C., & Miller, T. N. (2011). 1st Century Skills: Prepare Students for the Future. Kappa Delta Pi Record. https://doi.org/10.1080/00228958.2011.10516575, 121-123.

Lathifah, M. F. (2020). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Abad Ke 21. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 133-137.

Lestari, P., & Zulyusri. (2022). Studi Literatur Implementasi Penerapan LKPD Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis (KBK) Peserta Didik. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 63-70.

Mardhatilah, R., Zaini , M., & Kapsul. (2022). Pengaruh LKPD-Elektronik Sistem Gerak Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Practice of the Science of Teaching Journal: Jurnal Praktisi Pendidikan, 53-64.

Margaretha, L., Pasaribu, F. T., & Yelli. (2024). Pengembangan E-LKPD Berbasis STEM Berbantuan Video Animasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan MIPA, 90-98.

Maryani, S., Sahidu, H., & Sutrio, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif dengan Metode PQ4R Melalui Scaffolding terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 82-89.

Monika, P. S., Suharno, & Rahmasari, L. (2023). Effectiveness of Science Technology Engineering Mathematics Problem Based Learning (STEM PBL) and Science Technology Engineering Mathematics Project Based Learning (STEM PjBL) to Improve Critical Thinking Ability. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9593–9599.

Munawaroh, N., & Sholikhah, N. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Melalui Video Interaktif Berbantuan Google Site Untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ecogen, 167-182.

Nuryanti, D. (2023). Efektivitas E-LKPD berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5646-5654.

Nuryanti, L., S. Zubaidah, & M. Diantoro. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 155-158.
OECD, O. f. (2016). OECD Database.

Pasaribu, A. I., Lubis, I. S., & Rosane . (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan LKPD Berbasis STEM untuk Melatih Berpikir Kritis Materi Elastisitas dan Hukum Hooke. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 486-495.

Pramita, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran PJBL Terintegrasi STEAM Berbantuan E-LKPD Terhadap Keterampilan Kolaborasi dan Berpikir Kritis.

Purwanti, S., & Sholihah, M. (2021). Pengembangan LKPD Elektronik Dengan Pendekatan STEM Berbasis Project-Based Learning Materi Energi dan Pemanfaatannya. Jurnal Taman Cendekia, 670-685.

Puspitasari, E., Dwi Aristya Putra, P., & Handayani, R. D. (2021). Pengembangan Buku Ajar Fisika Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor di SMA. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 44-52.

Putra, P., Ahmad, N., Wahyuni, S., & Narulita, E. (2021). Analysis of the Factors Influencing of Pre-service Science Teacher in Conceptualization of STEM Education: Self-Efficacy and Content Knowledge. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 225-230.

Rahmawati , E., Kaspul, & Zaini, M. (2022). Pengembangan LKPD Elektronik Berbasis Liveworksheet Konsep Sistem Sirkulasi untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis SMA. Practice of the Science of Teaching Journal: Jurnal Praktisi Pendidikan, 16-22.

Ramli, R., Yohandri, Sari, Y. S., & Selisne, M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Fisika Berbasis Pendekatan Science,. Jurnal Eksakta Pendidikan, 10-17.

Rotherham, A. J., & Willingham, D. T. (2010). 21st-century” skills: Not New, but a Worthy Challenge. American Educator. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ889143.pdf, 17-20.

Sa’adah, U., & Ellianawati. (2022). Pengembangan Students Worksheet Online Berbasis STREAM pada Materi Fluida Dinamis untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik. Unnes Physics Education Journal, 44-53.

Setiawan, D., Supriyadi, & Ellianawati. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Gerak Jatuh Bebas Bermuatan STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Kelas X. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 117-124.

Simatupang, H., Sianturi, A., & Alwarda, N. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pelita Pendidikan, 170-177.

Sirait, J. V., & Maulida, R. (2023). Needs Analysis of The Development STEM-PjBL Based LKPD To Train Students' Critical Thinking Skills. Journal of Educational Sciences, 488-498.

Subakti, D. P., Marzal, J., & Effendi, M. H. (2021). Pengembangan E-LKPD Berkarakteristik Budaya Jambi Menggunakan Model Discovery Learning Berbasis STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1249-1264.

Sukmawati, I., & Ghofur, M. A. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning Terintegrasi Keterampilan 4C untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 1020-1033.

Suryaningsih, S., & Nurlita, R. (2021). Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Inovatif dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi), 1256-1268.

Svecova, V., Rumanova, & G. Pavlovicova. (2014). Support of Pupil’s Creative Thinking in Mathematical Education. Procedia Social and Behavioral Sciences, 1715-1719.

Syaifudin, M. (2022). Efektivitas E-LKPD Berbasis STEM untuk Menumbuhkan Keterampilan Literasi Numerasi dan Sains dalam Pembelajaran Listrik Dinamis di SMA Negeri 1 Purbalingga. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 211-220.

Syamsuar, & Reflianto. (2019). Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan.

Temiyati, & Nuryadi. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2483-2492.

Toyibah, T., Sari, Y. Y., & Irdalisa, I. (2024). Pengembangan LKPD berbasis STEAM untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Tumbuhan Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan (JKPPK), 31-45.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times(First Edit). Jossey-Bass A Wiley Imprint.

Zubaidah, S. (2019). Mengenal 4C: Learning and Innovation Skills untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 . Seminar 2nd Science Education National Conference Di Universitas Trunojoyo, 1-18.

Zulfa , R. N., Masykuri, M., & Maridi. (2022). Efektivitas Perangkat Pembelajaran Terintegrasi STEM terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 43-49.

Zuliatin, Q., Fatayah, F., & Yulianti, I. F. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematic) pada Materi Struktur Atom. UNESA Journal of Chemical Education, 195‒202.
Published
2024-06-07