PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA PEMBELAJARAN FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 LUBUKLINGGAU

  • Endang Lovisia
Kata Kunci: Fisika, Hasil Belajar, Student Teams Achievement (STAD).

Abstrak

Penelitian ini berjudul “Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement (STAD) terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 7 Lubuklinggau”. Rumusan masalahnya adalah, Apakah hasil belajar fisika siswa setelah mengikuti pembelajaran fisika dengn model pembelajaran Student Teams Achievement (STAD) di kelas X.2 SMA Negeri 7 Lubuklinggau signifikan tuntas?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement (STAD) di Kelas X.2 SMA Negeri 7 Lubuklinggau. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA Negeri 7 Lubuklinggau dan sebagai sampelnya adalah kelas X.2 yang berjumlah 25 siswa dan diambil secara acak. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan teknik tes dan observasi. Berdasarkan hasil analisis post-test uji t kelas eksperimen bahwa thitung > ttabel atau 1,883 > 1,697 dengan demikian Ha diterima dan H0 di tolak, disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa signifikan tuntas. Aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran dalam kategori baik.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2010, Prosedur Peneliti Suatu Pendekatan Prakti Jakarta: Rineka Cipta.
Ainurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Pontianak: Alfabeta
Elvin dkk. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Berbantuan LKS (Lembar Kerja Siswa) Berkarakter untukMeningkatkan Aktivitas Belajar dan Kemampuan Kognitif FisikaSiswa,Jurnal Pendidikan Fisika, 1, 4-5.
Hamalik, Oemar. 2009. Proses BelajarMengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Hartono. Penerapan PembelajaranKooperatif tipe STAD Berorientasi Keterampilan Proses. JurnalPendidikan Fisika Indonesia, 109-110.
Hartono & Suyono. 2011. Belajar danPembelajaran. Surabaya: Rosda
Huda, Miftahul. 2011. CooperativeLearning, Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Ibrahim, dkk. 2007. BelajarKooperatif. Jakarta: Grasindo.
Jihad, Asep dan Haris, Abdul. 2005. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta:Multi Pressindo.
Rusman. 2010. Model-modelPembelajaran. Bandung: Rajawali Pres
Suherman, E dan Yayak, Sukjaya. 1990. Petunjuk Praktis Untuk Melaksanakan Evalusai Pendidikan Matematika.Bandung:Wijayakusumah.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar danPembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Kencana
Slameto. 2010, Belajar dan Faktor-Faktoryang Mempengaruhinya, Jakarta:Rineka Cipta
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Diterbitkan
2019-06-28