PENERAPAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 MUARA BELITI
Abstract
This research purpose to determine the completeness of physics learning outcomes of class XI students of SMA Negeri 2 Muara Beliti after applying the experiment method. The problem in this study is that there are still many students who get grades below the Minimum Mastery Standard (KKM), which is 67. The type of method in this study uses an experimental method with pre-test and post-test one group design research conducted at SMAN 2 Muara Beliti. The population in this study were all students of class XI MIPA SMAN 2 Muara Beliti. The sample in this study was drawn randomly from a population of three classes, namely class XI MIPA 2, amounting to 30 students. Data collection techniques in this study were carried out through tests. The test result data were analyzed using the t test formula. Statistical test results obtained tcount = 8.544 ttable = 1.699 because tcount> ttable, thus indicating that the hypothesis Ho is rejected and Ha is accepted. While the average value in the pre-test 32.83 then in the post-test increased to 77.27. So it can be concluded that the average physics learning outcomes of students after applying the method of experiment is significantly complete.
References
Arini, W., & Lovisia, E. (2019). Respon Siswa Terhadap Media Pembelajaran Alat Pirolisis Sampah Plastik Berbasis Lingkungan Di Smp Kabupaten Musi Rawas. THABIEA: JOURNAL OF NATURAL SCIENCE TEACHING, 2(2), 95-104.
Ayu, W. R., Ariani, T., & Arini, W. (2019). The Effect of Quantum Teaching Learning Model on the Physics Learning Outcomes of Class X SMK Negeri 3 Lubuklinggau. Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ), 2(1), 36-48.
Dewi, M & Nuriman & Agustiningsih.2014. Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI Pokok Bahasan Konduktor dan Isolator SDN Semboro Probolinggo Tahun Pelajaran 2012/2013.Jurnal Edukasi UNEJ, I (1), 28.
Jumiati, Martala, S., Dian, A. (2011). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Numbereds Heads Together (NHT) Pada Materi Gerak Tumbuhan Di Kelas VIII SMP Seri Putih Kampar. Lectura, 2(2) 170.
Mulyani. 2015. “Penggunaan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tentang Rangkaian Listrik Seri Dan Paralel Pelajaran Ipa Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 3 Karanggandu Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Profesional,4 (3) 47.
Nugroho, T. W., Wulandari, N., & Budhi, H. S. (2019). Boxtarik (box pintar listrik) inovasi media pembelajaran dengan memanfaatkan limbah botol oli. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 1(1), 13-23.
Nurhikmah. 2013. Keefektifan Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap peningkatan kualitas pembelajaran IPA. Journal of Elementary Education, 2 (2), 20.
Puryadi &Bambang, S & Turdjai. 2017.Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Dan Prestasi Belajar Siswa (Studi Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SD Negeri Gugus II Taba Penanjung Bengkulu Tengah). Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 7(2), 134.
Sugiyono. 2011. Statistika untuk Proses Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sulistiyono, S., Mundilarto, M., & Kuswanto, H. (2019). Keefektifan Pembelajaran Fisika Dengan Kerja Laboratorium Ditinjau Dariketercapaian Pemahaman Konsep, Sikap Disiplin, Dan Tanggung Jawab Siswa Sma. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 6(1), 1-8.
Sulistiyono, S. (2017). Pengembangan lembar kerja siswa dengan pendekatan kerja laboratorium untuk meningkatkan keterampilan proses fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 1(1), 59-64.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Susetyo B.2015. Prosedur Penyusunan Dan Analisis Tes Untuk Penilaian Hasil Belajar Bidang kognitif. Bandung: PT Refika Aditama.
Tarmizi1 & Abdul, H. & Ibnu, K. 2017.Penggunaan Metode Eksperimen Untuk Mengatasi Miskonsepsi Dan Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Materi Rangkaian Listrik Di SMA Negeri 1 Jaya Kabupaten Aceh Jaya.Jurnal IPA Dan Pembelajaran IPA (JIPI),1(2), 151.
Trisna, N., & Ariani, T. (2019). Model direct instruction dengan teknik probing prompting: dampak terhadap hasil belajar fisika siswa kelas x sma negeri 4 lubuklinggau tahun pelajaran 2018/2019. SILAMPARI JURNAL PENDIDIKAN ILMU FISIKA, 1(1), 24-37.