PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR FISIKA SISWAKELAS X SMA NEGERI 3 LUBUKLINGGAU TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  • Ice Agustin STKIP PGRI Lubuklinggau
  • Ahmad Amin STKIP PGRI Lubuklinggau
  • Wahyu Arini STKIP PGRI Lubuklinggau
Keywords: Penerapan, Pendekatan Scientific, Aktivitas Belajar

Abstract

This research is titled "The Application of the Scientific Approach to Physics Learning Activities of Class X Lubuklinggau 3 Senior High School Students in 2018/2019 Academic Year". This study aims to determine the completeness of the physics learning outcomes of class X students of Lubuklinggau 3 Public High School after participating in learning with the Scientific Approach. The research method used is a quasi-experimental method (quasi experiment). The population in this study were all class X of SMA 3 Lubuklinggau SMA 2018/2019 and the sample was class X IPA 4, amounting to 36 students and taken randomly. Data collection is done by techniques observation. Based on the results of the observation analysis at the third meeting with a percentage value of 61,03% with the active category and the fourth meeting with percentage value of  76,06% with a very active category. It can be concluded that the activity of students after applyingthe scientific approach to physics in claas X of SMA Negeri 3 Lubuklinggau academic year 2018/2019 increased.

References

Aulia,dkk. 2017. Efektivitas Pendekatan Saintifik Dalam Meningkatkan Pemahamaman Konseptual Pada Materi Pemisahan Campuran.Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia 6(1), 130-144.

Aunurrahman. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Baroh, Chasniatul. 2010. Efektivitas Metode Simulasi dalam Pembelajaran Matematika pada Pokok Bahasan Peluang di kelas IX-A MTs Nurul Huda Kalanganyar sedati Sidoarjo. Skripsi Pendidikan Matematika

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Kasmadi & Sunariah. 2013. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Lestari, W. M., Ariani, T., & Gumay, O. P. U. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Scientific Approach. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2(1), 18-29.

Lovisia, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2(1), 1-10.

Novitasari, S. (2019). Efektivitas buku ajar berbasis higher order thinking skills (hots) pada materi elastisitas dan hukum hooke siswa kelas XI SMA negeri tugumulyo tahun pelajaran 2018/2019. SILAMPARI JURNAL PENDIDIKAN ILMU FISIKA, 1(1), 77-86

Pratiwi. 2015. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan di Kota Tanggerng. Jurnal Pujangga 1(3), 75-105.

Rahayu,dkk. 2015. Efektivitas Model Pembelajaran Scientific Inquiry Berbasis Pictorial Riddle Dan Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Adimulyo Kebumen. Jurnal radiasi 06(1), 92-95.

Rhosalia. 2017. Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Versi 2016. JTIEE1(1), 59-77.

Rohmawati. 2015. Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini. 9(1), 15-31

Rusman. 2013. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfa Beta

Sani, Abdullah Ridwan. 2015. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara

Saregar, dkk. 2017. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction) dan Model Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualy) dampak terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK). 3(1), 28.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya.
Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sulistiyono, S. (2012). Pengembangan Lks Sains Dalam Seting Poe (Predict, Observe, Explain) Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Siswa Smp. Jurnal Perspektif Pendidikan, 5(1), 50-71.

Sundayana, Rostina. 2015. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tiffany,dkk. 2015. Efektivitas Pendekatan Saintifik Dalam Meningkatkan Kemampuan Membedakan Pada Materi Hidrolisis Garam. JurnalPendidikan dan Pembelajaran Kimia 4(1), 618-630.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wijaya. 2015. Hubungan Kemandirian Dengan Aktivitas Belajar Siswa.Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling 1(3), 40-45.

Yolanda, Y. (2017). Remediasi Keterampilan Proses Sains Fisika Dengan Pendekatan Problem Based Learning. Jurnal Perspektif Pendidikan, 11(2), 30-37.
Published
2019-12-26