PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI MELALUI BIMBINGAN BELAJAR BAHASA INGGRIS BAGI ANAK-ANAK PESISIR DI KELURAHAN SOWI KABUPATEN MANOKWARI

PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI MELALUI BIMBINGAN BELAJAR BAHASA INGGRIS BAGI ANAK-ANAK PESISIR DI KELURAHAN SOWI KABUPATEN MANOKWARI

  • Syahira Syahira STKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Kartini Kartini STKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Sulistyahadi Sulistyahadi STKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Irma Suriani STKIP Muhammadiyah Manokwari

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran pada masa pademi covid-19 berubah menjadi pembelajaran dari rumah, peran orang tua sangat berpengaruh dalam mendampingi anak saat sedang belajar. Tetapi disamping itu orang tua juga mempunyai kesibukan nya sendiri misalnya bekerja, jadi harus pintar membagi waktu agar bisa selalu mendampingi anak belajar. Kegiatan pengabdian yang berupa program bimbingan belajar bahasa inggris berjalan sesuai dengan rencana yang telah direncanakan dengan jumlah siswa 15 anak pesisir kelurahan sowi. Hasil tersebut diperoleh dari metode pendekatan secara langsung dengan melakukan pendataan anak yang mengikuti bimbingan dan kegiatan mengajar. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa: ada perubahan kemampuan dari anak-anak usia dini dimana mereka yang awalnya tidak bisa berbahasa inggris karena kurang mendapatkan pengajaran belajar bahasa inggris sebelumnya, menjadi bisa berbahasa inggris meskipun masih dalam tataran sederhana. Anak anak yang awalnya takut dan tidak suka terhadap pelajaran bahasa inggris menjadi suka dengan bahasa inggris

References

Aliah, H., Iksan, M., Ramadhana, M. A., & Syukur, A. (2022). Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar bagi Anak di Taman Pendidikan Al-Quran Perumahan Harmoni Kota Palopo. Madaniya, 3(3), 637-644.

Hastuti, N., & Roviati, E. (2020). Pendampingan Belajar Pengenalan Bahasa Inggris Menyenangkan Dari Rumah Di Masa Pandemi Covid 19. Al-Khidmat, 3(2), 24-30.

Kusmaryati, S. E., Utomo, S., & Sulistyowati, T. (2019). Pendampingan Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Bagi Siswa SD 2 Panjang Kudus dengan Permainan Guessing Games. Muria Jurnal Layanan Masyarakat, 1(1).

Maharani, P. D., & Febriola, N. K. N. (2021). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Bahasa Inggris Anak-Anak SD Secara Daring di Banjar Penamparan Padangsambian Denpasar. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 3(3), 60-69.

Noge, M. D., Wau, M. P., & Lado, R. R. R. (2020). Pelaksanaan program bimbingan belajar bahasa Inggris “English is Fun” sebagai cara untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak-anak dalam menguasai bahasa Inggris di SD. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 1(2), 120-127.

Syahira, S., & Heriyanti, H. (2022). Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Gratis Untuk Siswa Mi Ya Bunayya Hidayatullah Manokwari. JURNAL CEMERLANG: Pengabdian pada Masyarakat, 4(2), 310-317.

Syahira, S. (2022). Penggunaan Video Youtube Sebagai Media Pengajaran Pada Mata Kuliah Speaking Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Bahasa Inggris Di Stkip Muhammadiyah Manokwari. Jurnal Perspektif Pendidikan, 16(1), 144-150.
Published
2022-12-10