SOSIALISASI PROGRAM SEKOLAH RAMAH KELUARGA: MENINGKATKAN PERAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN ANAK DI RUMAH

  • Dona Ningrum Mawardi Universitas PGRI Silampari
  • Dodik Mulyono Universitas PGRI Silampari

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menyosialisasikan konsep dan implementasi program sekolah ramah keluarga sebagai upaya untuk meningkatkan peran orang tua dalam mendampingi proses belajar anak di rumah. Program Sekolah Ramah Keluarga (SRK) merupakan salah satu strategi pendidikan yang bertujuan untuk memperkuat keterlibatan orang tua dalam proses pembelajaran anak, khususnya di lingkungan rumah. sosialisasi program SRK sebagai upaya peningkatan pemahaman dan peran aktif orang tua dalam mendampingi anak belajar, program ini mendorong terwujudnya kolaborasi yang lebih erat antara sekolah dan keluarga. Hasil dari penerapan program ini menunjukkan peningkatan kesadaran orang tua terhadap pentingnya peran mereka, serta adanya perubahan perilaku dalam mendukung aktivitas belajar anak di rumah. Namun demikian, sejumlah tantangan seperti keterbatasan waktu dan kemampuan pedagogis orang tua masih menjadi hambatan dalam implementasi program secara optimal. Oleh karena itu, dibutuhkan upaya lanjutan dari sekolah dan pemerintah untuk memberikan pendampingan berkelanjutan bagi orang tua. Program SRK menjadi langkah strategis dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang inklusif, kolaboratif, dan berorientasi pada kesejahteraan anak.

References

Adelia, I., & Mitra, O. (2021). Permasalahan pendidikan islam di lembaga pendidikan madrasah. Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 21(01), 32-45.

Dini, J. P. A. U. (2022). Permasalahan pola asuh dalam mendidik anak di era digital. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1965-1975

Indraswati, D., Widodo, A., Rahmatih, A. N., Maulyda, M. A., & Erfan, M. (2020). Implementasi sekolah ramah anak dan keluarga di sdn 2 hegarsari, sdn kaligintung, dan sdn 1 sangkawana. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 7(01), 51-62.

Nurhayati, A., & Mulyati, E. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2), 167–175.

Pratiwi, H. (2021). Permasalahan belajar dari rumah bagi guru lembaga pendidikan anak usia dini di daerah terpencil. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 130-144.

Syarif, A., Awaliyah, M., & Srihartini, Y. (2022). Peran Orang Tua dalam Mendampingi Belajar Anak di Rumah di Era Covid. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 2(2), 182-198.

Syahidin, S. (2020). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Sekolah. ASATIZA: Jurnal pendidikan, 1(3), 373-380.
Published
2023-06-17