UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PMRI DI SEKOLAH DASAR

  • As Elly Universitas PGRI Silampari
  • Lucy Asri Purwasi Universitas PGRI Silampari
  • Dodik Mulyono Universitas PGRI Silampari
  • Ferdian Asriadi Universitas PGRI Silampari
  • Deni Mayangsari Universitas PGRI Silampari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa pada materi bangun datar dengan menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 25 Lubuklinggau. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subjek penelitian peserta didik kelas V.B SD Negeri 25 Lubuklinggau, sebanyak 24 siswa terdiri dari 10 laki-laki dan 14 perempuan. Pendekatan yang digunakan adalah Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Teknik pengumpulan data dengan tes, aktivita belajar siswa, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitiain ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika materi bangun datar pada siswa kelas V SD Negeri 25 Lubuklinggau menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia, pada siklus 1 nilai rata-rata pre-test dan post-test diperoleh dari 31,67 menjadi 39,37, siklus 2 nilai rata-rata pre-test dan post-test diperoleh dari 42,91 menjadi 54,17 dan nilai rata-rata pada siklus 3 pre-test dan post-test diperoleh dari 63,54 menjadi 71. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar siswa

References

Achdiyat, M., & Utomo, R. (2018). kemampuan numerik, dan prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(3). Hal: 2-3.

Anggarini, P., Elly, A., & Refianti, R. (2023). Penerapan PMRI terhadapat pemahaman konsep siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Negeri 1 Muara Rupit. LJESE, 3(2). 19-28.

Arif, K. A. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar Tentang Materi Unsur Dan Sifat Bangun Datar Sederhana. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2).106–11

Diva, S. A., Khafidin, D., & Ulya, H. (2022). Pengaplikasian PMRI Dengan Soal HOTS Guna Meningkatkan Kompetensi Literasi Numerasi Dalam Asesmen Kompetensi Minimum. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNAPMAT), 0(0), 138–148. https://conference.umk.ac.id/index.php/snapmat/article/view/191

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Jakarta: Depdiknas.

Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Geometri di Sekolah Dasar. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 27–35. http://dx.doi.org/10.15294/kreano.

Firmansyah, F. (2021). Motivasi Belajar dan Respon Siswa terhadap Online Learning sebagai Strategi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 589–597. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.355

Gravemeijer, K., & Terwel, J. (2000). Hans Freudenthal: A Mathematician on Didactics and Curriculum Theory. Journal of Curriculum Studies, 32(6), 777-796. Tersedia di: Taylor & Francis Online

Haryono, M. (2018). Efektivitas pembelajaran Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Keyakinan Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dasar: Jurnal Tunas Nusantara, 1(1). 19-26.

Isnaini, M., Wigati, I., & Oktari, R. (2016). Penggunaan angka pada hasil tes tertentu dimaksudkan untuk mengetahui daya serap siswa setelah menerima materi pelajaran. Jurnal Biota, Vol 2(1), Hal: 82–91.

Kunandar, D. (2016). Penelitian Tindakan Kelas: Konsep, Model, dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Mansur, R. (2018). Belajar jalan perubahan menuju kemajuan. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, Vol 3(1). Hal: 2-3

Novita, R., Putri, R. I. I., & Zulkardi. (2020). Efektivitas PMRI dalam Pembelajaran Bangun Datar di Sekolah Dasar. Journal of Mathematics Education, 8(2), 103-118. DOI: 10.22342/jme.8.2

Nuraini, L., Nur, E., & Ganda, N. (2021). Pengaruh Penerapan Teori Belajar Van Hiele terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sifat-Sifat Bangun Datar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol 8(2), Hal: 395–403.

Prasetyo, A., & Kurniawan, M. (2019). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Bangun Datar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(3), 213-220.

Suparni. 2020. Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia ( PMRI ) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Self-Efficacy Siswa Smp / Mts. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4), 293 – 302.

Treffers, A. (1987). Three Dimensions: A Model of Goal and Theory Description in Mathematics Instruction. Dordrecht: Reidel Publishing Company.

Yulianti, I. (2020). Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar pada Materi Geometri. Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(2), 123-132.

Zuhroh, S., Ibrahim, M., Amin, S. M., & Nafi’ah. (2024). Ketuntasan hasil belajar siswa pada implementasi Pendekatan Pendidikan (PMRI) siswa SD Dums. Jurnal IRJE: Indonesia Research Journal on Education, 4(3). 520-525.

Zulkardi. (2018). Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI): Konsep dan Implementasi. Palembang: Universitas Sriwijaya Press. Tersedia di: http://unsri.ac.id
Published
2023-12-11

Most read articles by the same author(s)