ANALISIS VALIDITAS SOAL PILIHAN GANDA PENILAIAN AKHIR SEMESTER GENAP PELAJARAN FISIKA KELAS XI MIPA 1 SMA NEGERI 1 KEPAHIANG

  • Neti Neti SMA NEGERI 1 Kepahiang, Indonesia
Keywords: Analisis, Validasi, Reliabilitas, Revisi

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan menggunakan metode dokumentasi.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal ujian penilaian akhir semester genap bidang studi fisika di kelas XI MIPA 1  SMA Negeri 1 Kepahiang Tahun Pelajaran 2019- 2020.  Variabel yang diukur pada penelitian ini adalah validitas isi, validitas butir soal, reliabilitas, daya beda, tingkat kesukaran, serta efektifitas pengecoh / distraktor untuk melihat frekwensi jawaban dari alternatif yang disediakan.   Berdasarkan kompetensi dasar pengetahuan 3.7 sampai 3,12, 20 butir soal ujian akhir semester genap semuanya valid dari segi isi.  Dari segi butir soal terdapat 9 butir soal yang valid dan 11 butir soal yang tidak valid.  Berdasarkan hasil analisis reliabilitas tes (dari 9 butir soal) adalah 0,225 termasuk kategori sangat kurang, analisis daya beda dan tingkat kesukaran terdapat 3 butir soal yang tidak layak dan 6 butir soal yang layak.  Hasil penghitungan pengecoh dan rekomendasi terdapat pilihan jawaban butir soal yang harus direvisi atau tidak tidak revisi.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Evaluasi pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Algiranto, A., Sarwanto, S., & Marzuki, A. (2018). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MODEL POE PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES FISIKA SISWA SMA MUHAMMADIYAH IMOGIRI. FKIP e-PROCEEDING, 3(1), 23-27.

Algiranto, A. (2018, May). Penerapan model pembelajaran POE (Prediction, Observation, Explanation) untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas X1 SMA Negeri 1 Padang Ulak Tanding Tahun Pelajaran 2016/2017. In Quantum: Seminar Nasional Fisika, dan Pendidikan Fisika (pp. 287-292).

Azwar, Saifuddin. 2004. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pusaka Pelajar

Khairiyah, Masyrifatur, dkk. 2012. Validitas Isi dan Ketetpatan Kontruksi Butir Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMA / MA Tahun Pelajaran 2011 / 2012. Malang: jurnal.

Marzuki, A. (2019, February). The development of students worksheet based on Predict, Observe, Explain (POE) to improve students’ science process skill in SMA Muhammadiyah Imogiri. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1153, No. 1, p. 012148). IOP Publishing.

Mulyasa, 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Puspendik. 2007. Panduan Penulisan Soal Pilihan Ganda. Jakarta: Balitbang Depdiknas

Soeprodjo, 1995. Pengantar Evaluasi Pengajaran. Semarang:Pendidikan Kimia F. MIPA Universitas Negeri Semarang.

Sulistiyono, S., & Dewiyanti, F. (2014). Penerapan Model Prediction, Observation, Explanation (POE) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X1 SMA Negeri 8 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Perspektif Pendidikan, 8(1), 16-21.

Sulistiyono, S., Mundilarto, M., & Kuswanto, H. Pengembangan Instrumen Penilaian Kerja Laboratorium Fisika untuk Mengukur Sikap dan Tanggung Jawab Siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 43-49.

Sulistiyono, S. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Ma Riyadhus Solihin. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 10(2), 61-73.

Sudjana, Nana. 2004. Perilaku Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset
Published
2020-12-28