PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM PENGEMBANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIS KEPALA SEKOLAH DI SMP NEGERI 4 LUBUKLINGGAU

  • Erlinda Erlinda SMP N 4 Lubuklinggau

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan membahas tentang peningkatan kinerja guru dalam pengembangan evaluasi pembelajaran melalui supervisi akademis kepala sekolah di SMP Negeri 4 Lubuklinggau. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang terdiri dar dua siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Lubuklinggau pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 dengan subjek penelitian guru mata pelajaran sebanyak 6 orang. Teknik pengumpulan data mengunakan lembar observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan  persentase dan reduksi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui supervisi akademis kepala sekolah terdapat  peningkatan kinerja guru dalam pengembangan evaluasi pembelajaran di SMP Negeri 4 Lubuklinggau.

References

Acheson, K. A., & Gall, M. D. (1997). Techniques in the clinical supervision of the teachers: Preservice and inservice applications (4th ed.). White Palins, NY: Longman.

Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Ali Imron, Burhanuddin dan Maisyaroh. 2007. Manajemen Pendidikan.Malang: Universitas Negeri Malang

Arikunto, Suharsimi. (2009). Manajemen Penelitian. Jakarta : PT RINEKA

Atmodiwiro, Soebagio dan Soenarto Tatosiswanto, 1991. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Semarang: Adhi Waskitho.

Anoraga, P & Suyati, S. 2008. Psikologi Industri dan Sosial. Jakarta : PustakaJaya

Bloom, et al. (1971), Taxonomy of Educational objectives The Classification of. Educational Goal Handbook I Cognitive Domain, New York: David Mc.'lay.

Bellon, J. J., & Bellon,E. C. (1982). Classroom supervision and instructional improvement : A synergetic process (2nd ed.). Dubuque, IA: Kendall/Hunt.

Cogan, M.L. 1973. Clinical Supervision, Boston: Honghton Mifflin.

Costa, A. L., & Garmston, R. J. (1994). Cognitive coaching: A foundation for renaissance schools. Norwood, MA: Christopher-Gordon.

Dedi Supriadi.(1998). Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Yogyakarta :Adicita Karya Nusa

Dimyati dan Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Glatthorn A. A. (1997). Differentiated supervision (2nd ed.). Alexandria, V A: Association for Supervision and Curriculum Development.

Glatthorn, A. A. (1990). Supervisory leadership: Introdution to instructional supervision. New York: HarperCollins.Semiawan, Conny. 1985. Bagaimana Cara Membina Guru Secara Profesional. Jakarta: Journal Pendidikan.

Hamalik, Oemar. 1995. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Handoko, Hani, 2003, Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.

Mangkunegoro, Anwar Prabu 2000, Drs. MSi, Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit PT. Remaja Rosdakarya, Bandung

Mukhtar dan Iskandar. 2009. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan.Jakarta: Gaung Persada.

Mulyasa. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosda Karya

Norman E. Gronlund 1976.Measurement andEvaluation in Teaching.Amazon. Publisher: Collier Macmillan

Rivai, Veitzal., 2003, Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: Dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada.

Purwanto. 2002.Meningkatkan Profesionalisme Guru . Jurnal Pendidikan, Jakarta: Dikbud

Purwanto, M. Ngalim. 2003. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sahertian, Piet A. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi akademik. Jakarta: Bineka Cipta.

Sergiovani, Cs. 1998. “Beyond Human Relations” Profesional Supervision for Profesional Teachers. Washington DC: Association for supervision and Curiculum Development. 1979. Supercision: Human Prepectives. New York: MeGraw-Hill Book Company.

Stufflebeam, D. L. et al. 1971. Educational Evaluation and Decision Making.

Suryosubroto. 2010. Dasar-Dasar Kependidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Supriadi, D. (1998). Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Yogyakarta : Adicita Karya Nusa
Wiles, Kimball penyadur J.F. Tahalele; editor P.A. Sahertian, 1993, Supervision for better school,Malang, P3T IKIP Malang.
Published
2021-06-30