PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM PENGEMBANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIS KEPALA SEKOLAH DI SMP NEGERI 4 LUBUKLINGGAU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan membahas tentang peningkatan kinerja guru dalam pengembangan evaluasi pembelajaran melalui supervisi akademis kepala sekolah di SMP Negeri 4 Lubuklinggau. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang terdiri dar dua siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Lubuklinggau pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 dengan subjek penelitian guru mata pelajaran sebanyak 6 orang. Teknik pengumpulan data mengunakan lembar observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan persentase dan reduksi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui supervisi akademis kepala sekolah terdapat peningkatan kinerja guru dalam pengembangan evaluasi pembelajaran di SMP Negeri 4 Lubuklinggau.
References
Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Ali Imron, Burhanuddin dan Maisyaroh. 2007. Manajemen Pendidikan.Malang: Universitas Negeri Malang
Arikunto, Suharsimi. (2009). Manajemen Penelitian. Jakarta : PT RINEKA
Atmodiwiro, Soebagio dan Soenarto Tatosiswanto, 1991. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Semarang: Adhi Waskitho.
Anoraga, P & Suyati, S. 2008. Psikologi Industri dan Sosial. Jakarta : PustakaJaya
Bloom, et al. (1971), Taxonomy of Educational objectives The Classification of. Educational Goal Handbook I Cognitive Domain, New York: David Mc.'lay.
Bellon, J. J., & Bellon,E. C. (1982). Classroom supervision and instructional improvement : A synergetic process (2nd ed.). Dubuque, IA: Kendall/Hunt.
Cogan, M.L. 1973. Clinical Supervision, Boston: Honghton Mifflin.
Costa, A. L., & Garmston, R. J. (1994). Cognitive coaching: A foundation for renaissance schools. Norwood, MA: Christopher-Gordon.
Dedi Supriadi.(1998). Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Yogyakarta :Adicita Karya Nusa
Dimyati dan Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Glatthorn A. A. (1997). Differentiated supervision (2nd ed.). Alexandria, V A: Association for Supervision and Curriculum Development.
Glatthorn, A. A. (1990). Supervisory leadership: Introdution to instructional supervision. New York: HarperCollins.Semiawan, Conny. 1985. Bagaimana Cara Membina Guru Secara Profesional. Jakarta: Journal Pendidikan.
Hamalik, Oemar. 1995. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Handoko, Hani, 2003, Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.
Mangkunegoro, Anwar Prabu 2000, Drs. MSi, Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit PT. Remaja Rosdakarya, Bandung
Mukhtar dan Iskandar. 2009. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan.Jakarta: Gaung Persada.
Mulyasa. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosda Karya
Norman E. Gronlund 1976.Measurement andEvaluation in Teaching.Amazon. Publisher: Collier Macmillan
Rivai, Veitzal., 2003, Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: Dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada.
Purwanto. 2002.Meningkatkan Profesionalisme Guru . Jurnal Pendidikan, Jakarta: Dikbud
Purwanto, M. Ngalim. 2003. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sahertian, Piet A. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi akademik. Jakarta: Bineka Cipta.
Sergiovani, Cs. 1998. “Beyond Human Relations” Profesional Supervision for Profesional Teachers. Washington DC: Association for supervision and Curiculum Development. 1979. Supercision: Human Prepectives. New York: MeGraw-Hill Book Company.
Stufflebeam, D. L. et al. 1971. Educational Evaluation and Decision Making.
Suryosubroto. 2010. Dasar-Dasar Kependidikan, Jakarta: Rineka Cipta.
Supriadi, D. (1998). Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Yogyakarta : Adicita Karya Nusa
Wiles, Kimball penyadur J.F. Tahalele; editor P.A. Sahertian, 1993, Supervision for better school,Malang, P3T IKIP Malang.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Perspektif Pendidikan by https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.