PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FISIKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning sebagai upaya meningkatkan hasil belajar Fisika di SMA Negeri 1 Godean Kabupaten Sleman. Jenis penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di sekolah Menengah Atas Negeri 1 Godean, kelas X MIPA 4 pada bulan Januari sampai dengan Mei 2020. Jumlah subyek penelitian 36 siswa terdiri dari 10 laki-laki dan 24 perempuan. Dilaksanakan dalam 2 siklus dimana data dikumpulkan dengan pengamatan observer, angket respon siswa terhadap model pembelajaran, tes untuk pengukuran hasil belajar dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan melihat nilai hasil belajar dan respon siswa tehadap model pembelajaran yang menekankan adanya pemecahan masalah antar siswa dalam kelompoknya untuk tujuan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 94,44% siswa dapat mencapai nilai kognitif di atas standar ketuntasan minimal yaitu 75. Sedangkan nilai rata-rata siswa menjadi 80,56, yang memperlihatkan bahwa aktivitas guru mulai dari pembukaan hingga penutupan mencerminkan terlaksananya indikator proses pembelajaran yang baik.
References
Ahmadi, A. 2009. Filsafat Pancasila dan Kewarganegaraan, Semarang: RaSAIL Media Group.
Aizid, R. 2011. Sehat dan Cerdas dengan Terapi Musik. Yogyakarta: Laksana.
Ami DL. 2020. Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air Melalui Lagu Nasional Di SDN Rejosari 02 Semarang. p-ISSN 2338-980X Elementary School (2020) 49 - 56 e-ISSN 2502-4264 Special Issue Desember 2020
Astuti. 2013. Apresiasi Generasi Muda Terhadap Lagu-Lagu Perjuangan. Yogyakarta: Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNP).
Beniati L. 2012. Penumbuhan Semangat Kebangsaan untuk Memperkuat Karakter Indonesia Melalui Pembelajaran Bahasa. Jurnal Pendidikan Karakter Vol II No 3 Tahun 2012
Daryanto, S. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Dasim. 2012. Perancangan Pembelajaran Berbasis Karakter. Bandung: Widya Aksara Press.
De Porter, Bobbie; Mark R.; dan Sarah S.N. 2006. Quantum Teaching, Mempraktekkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: Mizan Pustaka.
Eva M. 2017. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual di Kelas IV SDN Dombo. Tersedia di http://repository.unissula.ac.id/9375/
Haris M. 2011. Belajar Mandiri, Pembekalan dan Penerapan. Surakarta: UNS Press
Indra, J. 2001. Menuju Masyarakat Belajar: Menggagas Paradigma Baru Pendidikan. Jakarta: Paramadina
Kemendiknas. 2010. Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas BPPS
Killen, R. 2009. Effective Teaching Strategies: Lesson from Research and Practice. 5th Australia: C&C Offset Printing Co.Ltd
Lichona, T. 2008. Educating for Character (terjemahan Lita S). Bandung: Penerbit Nusa Media
Littlejohn, A., & Pegler, C. 2007. Preparing for Blended e-Learning. New York: Routledge
Nurhayati, L. 2009. Penggunaan Lagu Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Siswa SD, Mengapa dan Bagaimana?. Majalah Ilmiah Pembelajaran Nomor 1 Volume 5
Nurtanto, M. 2015. “Implementasi Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif, Psikomotor, Dan Afektif Siswa Di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 5, Nomor 3, November 2015
Satrio. 2011. Peningkatan Motivasi Belajar Bernyanyi Lagu Nasional Melalui Pemanfaatan Media Audiovisual di SDN Pejuang VII Medan Satria Bekasi. Jurnal Ilmiah PGSD Volume III Nomor 2
Soetarno J, 2011. Pembelajaran Efektif. Surakarta: UNS Pers
Suwarno, G. 2000. Panduan Penyelenggaraan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara di Lingkungan Pekerjaan. Jakarta: Dirjen Sumber Daya Manusia.
Wasisto. 2013. Proses Pembelajaran dan Penilaian di Satuan Pendidikan. Klaten: CV Sahabat
Wina S. 2007. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Wina S. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.