PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA DAN MOTIVASI GURU DI SMP NEGERI KOTA LUBUKLINGGAU

  • Rudi Erwandi STKIP PGRI Lubuklinggau, Indonesia
Keywords: Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Kinerja, Motivasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja dan motivasi guru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi  linear sederhana dan berganda, uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan  kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 35,8%. Artinya kedua variabel dapat berjalan seiring, semakin kondusif kepemimpinan kepala sekolah  maka  akan  semakin  baik  tingkat  kinerja guru; 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi kerja terhadap kinerja guru yaitu sebesar  99,3%. Artinya motivasi kerja pada guru akan mempengaruhi aktivitas guru di sekolah untuk pencapaian kinerja guru yang maksimal. Motivasi yang tinggi juga akan mendorong guru mengembangkan kreativitas dan mengaktualisasikan semua kemampuan serta energi yang dimilikinya demi mencapai prestasi yang maksimal; dan 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru sebesar 96,8%. Kedua variabel yaitu kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja berjalan seiring dengan variabel kinerja guru, artinya semakin baik kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja, maka semakin tinggi pula kinerja guru tersebut.

References

Abdulsalam, Mawoli, M. A. 2012. Motivation and Job Performance of Academic Staff of State Universities in Nigeria: The Case of Ibrahim Badamasi Babangida University, Lapai, Niger State International. Journal of Business and Manegement, 7 (14), 178-185.
Eros, E. 2014. Pengaruh Motivasi dan Kedisiplinan Kerja Guru terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Jurnal Administrasi Publik dan Birokrasi, 1 (1), 25-37.
Manik, E. dan Bustomi, K. 2011. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru pada SMP Negeri 3 Rancaekek. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 5 (2), 97-107.
Hadis, A. N. 2010. Manajemen Mutu Pendidikan. Alfabeta, Bandung.
Mulyasa, E. 2013. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Permadi, K. 2010. Pemimpin dan Kepemimpinan dalam Manajemen. Rineka Cipta, Jakarta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Method). Alfabeta, Bandung.
Usman, H. 2013. Manajemen Teori, Praktik dan Riset Pendidikan Edisi 4. Bumi Aksara, Jakarta.
Published
2019-07-03