PEMBERDAYAAN POTENSI GURU dalam PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH di SMP NEGERI MUARA BATANG EMPU TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberdayaan potensi guru dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam peleksanaan manajemen berbasis sekolah di SMP Negeri Muara Batang Empu. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara, Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tahap reduksi data, penyajian data, interpretasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam memberdayakan potensi guru terlaksana dengan baik karena adanya kolaborasi antara Kepala Sekolah,Guru dan Staf. Hal ini terlihat dari aspek potensi guru dalam manajemen kurikulum, potensi guru dalam menejemen tenaga kependidikan, potensi guru dalam manajemen kesiswaan, manajemen guru dalam menyediakan sarana dan prasarana.
References
Dwinata, Yulinda. 2007. Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Medan, Universitas Negeri Medan
Hari Suderajat. 2005. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Bandung: CV. Cipta Cekas Grafika.
Meleong. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, 2003. Manajemen Berbasis Sekolah, Jakarta : Rosda Karya.
Mulyasa. 2007. Manajemen Berbasis Sekolah : Konsep, Strategi dan Implementasi, Bandung:Remaja Rosdakarya.
Nurkholis, 2003. Manajemen Berbasis Sekolah, Jakarta, PT. Grasindo.
Sugiyono. 2003. Metode penelitian kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tilaar. H. A. R. 2004. Manajemen Pendidikan Nasional: Kajian Pendidikan Masa Depan. Bandung: Rosdakarya.
Umaedi, 2004. Manajemen Mutu Berbasis Sekolah / Madrasah (MMBS / M), CEQM.
Undang-undang no. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, BAB II Pasal 3
Wibowo. 2007. Manajemen Kinerja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Jurnal Perspektif Pendidikan by https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.