UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX SMP NEGERI SURULANGUN PADA MATA PELAJARAN IPS TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  • Hasnawati H. SMP Negeri Surulangun, Indonesia
Keywords: Kefektifan Belajar, Hasil Belajar Model Kooperatif NHT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) meningkatkan keaktifan siswa kelas IX dalam mengikuti mata pelajaran IPS Terpadu Pada Pokok bahasan Ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif NHT, 2) meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran IPS Terpadu dengan menggunakan model NHT. Penelitian ini termasuk ke dalam bentuk penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini sebanyak 31 orang yang merupakan siswa kelas IX SMP Negeri Surulangun tahun peajaran 2018/2019. Penelitian ini berlangsung dalam tiga siklus pembelajaran. Hasil analisa pada siklus I diperoleh hasil kefektifan siswa sebesar 67,3% untuk rerata hasil belajar 58,1 atau 48,38% tuntas, kemudian pada siklus II diperoleh hasil kefektifan siswa sebesar 72,8% untuk rerata hasil belajar 64,2 atau 67,74% tuntas, sedangkan untuk siklus III diperoleh hasil kefektifan siswa sebesar 87,3% dan untuk rerata hasil belajar 75,9 atau 93,54% tuntas. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif NHT dapat meningkatkan keefektifan dan hasil belajar siswa SMP kelas IX.

References

Agus Wasisto Dwi Doso Warso. 2013. Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta : Penerbit Graha Cendekia
Dimyati. 2009. Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif.Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hamalik. 2003. Kurikulum dan Pembelajaran.Bandung: Bumi Aksara.
Lie, A. (2008). Cooperative Learning Mempraktekkan Cooperative Learning diRuang – Ruang Kelas. Jakarta: PT. Gramedia
Muslimin Ibrahim. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudjana, Nana. 2009. Cara Belajar Siswa Aktif-Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Tryana. 2008. Kelebihan Model Numbered Head Together. Jakarta: Inter Plus.
Widodo, A. (2006). Taksonomi Bloom dan Pengembangan Butir Soal. Buletin Puspendik. 3, (2), 18-29.
Zaenal Arifin. 1999. Penilaian Hasil Belajar. Jakarta : Erlangga.
Published
2019-06-30