Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Manajemen Peserta Didik yang Efektif di SMP Negeri Muara Batang Empu Kabupaten Musi Rawas Utara

  • Wahidin Wahidin Universitas PGRI Silampari
  • Episiasi Episiasi Universitas PGRI Silampari

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan hambatan-hambatan dalam pembinaan peserta didik serta upaya mengatasi hambatan dalam pelaksanaan pembinaan peserta didik di SMP Negeri Muara Batang Empu. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Perencanaan pembinaan peserta didik di SMP Negeri Muara Batang Empu dilakukan setiap awal tahun pelajaran baru yaitu dengan mengadakan rapat perencanaan kegiatan pembinaan peserta didik yang menghasilkan program kerja pembinaan peserta didik di sekolah yang meliputi kegiatan OSIS, kegiatan ekstrakurikuler, dan layanan BK 2). Evaluasi pembinaan peserta didik di SMP Negeri Muara Batang Empu yaitu menilai proses pelaksanaan kegiatan pembinaan peserta didik di sekolah dan menilai hasil kegiatan pembinaan peserta didik diĀ  sekolah yang di lakukan oleh kepala sekolah setiap akhir tahun pelajaran 3). Hambatan dalam melaksanakan kegiatan pembinaan peserta didik di SMP Negeri Muara Batang Empu meliputi kurangnya personil, kurangnya fasilitas, serta kurangnya perhatian dari peserta didik. Upaya untuk mengatasinya dengan mengoptimalkan personil yang ada di sekolah, mengoptimalkan fasilitas yang ada di sekolah, dan adanya pengarahan dari koordinator, dan guru dalam mengatasi peserta didik yang kurang perhatian.

References

Anton, A., & Usman, U. (2020). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Pendekatan Pengelolaan Kelas. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 4(1), 69-83.

Arifin, B. (2018). Meningkatkan mutu pendidikan melalui manajemen peserta didik. FALASIFA: Jurnal Studi Keislaman, 9(2), 1-20.

Arikunto. S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rev.ed. Jakarta:PT. Rineka Cipta.

Erwinsyah, A. (2017). Manajemen pembelajaran dalam kaitannya dengan peningkatan kualitas guru. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 69-84.

Gunawan. A. (2016). Administrasi Sekolah. Jakarta:PT. Rineka Cipta.

Samsinar, S. (2020). Urgensi learning resources (sumber belajar) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 194-205.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta

Suharno. (2008). Manajemen Pendidikan Sebuah Pengantar Bagi Para Calon Guru. Surakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) dan UNS Press.

Sukirman, H. Dkk. (2008). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta (UNY Press).

Umam, M. K. (2018). Peningkatan mutu pendidikan melalui manajemen peserta didik. Jurnal Al-Hikmah, 6(2), 62-76.
Published
2025-01-23