Pengembangan LKPD Fisika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas XI MA Riyadhus Sholihin

  • Nurul Istanti Universitas PGRI Silampari
  • Wahyu Arini Universitas PGRI Silampari
  • Sulistiyono Sulistiyono Universitas PGRI Silampari

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) fisika berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan pemahaman konsep dan rasa ingin tahu siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan Research dan Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang terbagi dalalm 5 tahap: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, daln Evaluasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI di MA Riyadhus Sholihin. Penelitian yang telah dilakukan menunjukkan hasil bahwa LKPD fisika berbasis PBL yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Penilalian dari ahli materi mendapatkan skor 67 (kategori sangat baik), ahli media 48 (kategori sangat baik), dan ahli bahasa 32 (kategori sangat baik). LKPD berbasis PBL ini terbukti dapat meningkatkan pemahaman konsep dan rasa ingin tahu siswa. Hal ini dibuktikan melalui hasil uji N-Gain untuk pemahaman konsep sebesar 0,48 yang termasuk kategori sedang dan peningkatan rata-rata skor rasa ingin tahu siswa dari 53,68% menjadi 80,84% yang termasuk kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasi analisis tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa LKPD fisika berbasis PBL layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

References

Balnjalralni, T., Nuzullalh Putri, AL., & Ekal,N.K.H. (2020). Valliditals Lembalr Kerjal Pesertal Didik (LKPD) Berbalsis Problem Balsed Lealrning paldal Malteri Sistem Ekskresi untuk Siswal Kelals VIII SMP. Jurnall Pendidikaln daln Pembelaljalraln Salins Indonesial (JPPSI), 3(2), 130-139.

Balsri, Ikal,AL., ALbralr.P.,Nur, F., & ALnggralini,AL.D. (2020). Pengembalngaln Lembalr Kerjal Pesertal Didik Berbalsis Malsallalh dallalm Meningkaltkaln Pemalhalmaln Konsep ALljalbalr. Jurnall Pendidikaln Maltemaltikal daln Ilmu Pengetalhualn ALlalm, 8(2), 173-182.

Faldilalh, I., & Kalrtini, S.T. (2019). Identifikalsi Sikalp Ralsal Ingin Talhu Siswal terhaldalp Pembelaljalraln Fisikal di MALN 1 Baltalnghalri. Sukmal: Jurnall Pendidikaln, 3(2), 217 231.

Halndalyalni, N.AL., & Jumaldi, J. (2012). ALnallisis Pembelaljalraln IPAL Secalral Dalring paldal Malsal Palndemi Covid-19. Jurnall Pendidikaln Salins Indonesial (Indonesial Journall of Science Educaltion), 9(2), 217-233.

Hidalyalturrohmaln, Roby dkk. 2017). Pengembalngaln Balhaln ALjalr Interalktif Fisikal Berwalwalsaln SETS untuk Meningkaltkaln Kemalmpualn Berpikir Kritis Siswal. Seminalr Nalsionall Pendidikaln Fisikal 2017. Vol.2.

Husalin, M.S., Kendek, Y., & Fihrin, F. (2018). ALnallisis Tingkalt Pemalhalmaln Konsep Fluidal Staltis daln Peneralpalnnyal di Lingkungaln Sekitalr paldal Siswal SMAL Negeri 2 Pallu. JPFT (Jurnall Pendidikaln Fisikal Taldulalko Online), 6(1), 21-31.

Maljid,AL. (2013). Straltegi Pembelaljalraln. Balndung: PT Remaljal Rosdalkalryal.

Purwalnti, S., & Malnurung, S. (2023). ALnallisis Pengalruh Model Pembelaljalraln Problem Solving daln Sikalp Ilmialh terhaldalp Halsil Belaljalr Fisikal. Jurnall Pendidikaln Fisikal Unimed, 4(1), 57-62.

Puspital,S.K., & Firmaln. (2019). Pengalruh Lembalr Kerjal Pesertal Didik terhaldalp Pemalhalmaln Konsep Balngun Rualng Siswal Sekolalh Dalsalr. Jurnall Ilmu Pendidikaln, 1(3), 157-161.

Rohmaltullalh, Novalliosi, Nindialsalri.H., & Faltalh.AL. (2022). Integralsi Medial Pembelaljalraln paldal Peneralpaln Problem Balsed Lealrning (PBL) dallalm Pembelaljalraln Maltemaltikal:Systemaltic Literalture Review. Jurnall Ilmu Pendidikaln, 4(4), 5544-5557.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitialn Kualntitaltif, Kuallitaltif daln R&D. Balndung: CV ALlfalbetal.

Suluh, M., & Jumaldi, J. (2019). Persepsi Guru daln Pesertal Didik terhaldalp Proses Pembelaljalraln Fisikal Berdalsalrkaln Kurikulum 2013. Jurnall Penelitialn daln Pengkaljialn Ilmu Pendidikaln: E-Salintikal, 2(2), 62-74.

Supalrno,P. (2013). Miskonsepsi & Perubalhaln Konsep dallalm Pendidikaln Fisikal. Jalkalrtal: PT Gralsindo.

Vebrialnto, Rialn., et all. (2021). Problem Balsed Lealrning untuk Pembelaljalraln yalng Efektif di SD/MI. Rialu: Dotplus Publisher.

Widiyoko, E.P. (2013). Tekhnik Penyusunaln Instrumen Penelitialn. Yogyalkalrtal: Pustalkal Belaljalr

Wulalndalri,Y,. & Purwalnto,W.E. (2017). Kelalyalkaln ALspek Malteri daln Medial dallalm Pengembalngaln Buku ALjalr Salstral Lalmal. Jurnall Penelitialn Pendidikaln Balhalsal daln Salstral Indonesial, 3(2), 162-172.

Yalnti, D.E.B., Subiki,S., & Yushidi,Y. (2014). ALnallisis Salralnal daln Pralsalralnal Lalboraltorium Fisikal daln Intensitals Kegialtaln Pralktikum Fisikal dallalm Mendukung Pelalksalnalaln Pembelaljalraln Fisikal SMAL Negeri di Kalbupalten Jember. Jurnall Pembelaljalraln Fisikal, 5(1), 41-46.
Published
2024-12-20

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>