PENGARUH PENGGUNAAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI MENULIS MAHASISWA

  • Athia Fidian Universitas Muhammadiyah Magelang
Keywords: media pembelajaran, Instagram, peningkatan motivasi menulis

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah pemanfaatan media sosial dalam peningkatan motivasi belajar siswa.  Populasi penelitian ini adalah mahasiswa D3 Keperawatan semester 3 FIKES Universitas Muhammadiyah Magelang. Metode deskriptif dipilih dalam penggunaan Instagram sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi menulis mahasiswa. Tekhnik pengumpulan data primer dalam penelitian menggunakan observasi dan metode kuesioner, pengumpulan data sekunder melalui hasil nilai mahasiswa. Hasil dari penelitian ini, menunjukkan bahwa: (1) Terjadi peningkatan motivasi melalui tingkat partisipasi dan keaktifan mahasiswa pada proses pembelajaran, (2) Terciptanya susasana pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi mahasiswa, dengan adanya account Instagram kelas sebagai wadah yang menampung kreativitas mahasiswa, sehingga mahasiswa lebih termotivasi dan (3) Terjadi peningkatan prestasi belajar melalui nilai menulis mahasiswa dari nilai rata-rata 67.93 menjadi 80.71.

References

U. A. Wati. 2011. Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
M. J. Hadi. 2016. “Pemanfaatan Media Sosial Facebook Sebagai Media Peningkatan Kemampuan Menulis Mahasiswa Marham Jupri Hadi Universitas Nahdlatul Wathan Mataram,” J. Linguist. Sastra, dan Pendidik., vol. 1, no. 1, pp. 1–6,
R. Aida, N. Ellyn, and A. Sidharta.2016. “Pengaruh Jejaring Sosial Terhadap Motivasi Belajar Siswa-Siswi Sekolah Menengah Pertama (Smp) Di Kecamatan Banjarmasin Barat,” Pendidik. Geogr., vol. 3, no. 5, pp. 38–50,
A. Faishal, 2015 “Pengembangan E- Modul Pembelajaran Pneumatik Pada Yogyakarta Development Of E-Module Pneumatic Learning On The Subjects Of,” J. students uny, vol. 5, no. 4, pp. 300–311,
R. Amelia, D. T. Nugrahadi, I. Budiman, and K. Selatan. 2015. “Implementasi ‘Picture Description’ Pada Aplikasi Media Pembelajaran Bahasa Inggris,” Kumpul. J. Ilmu Komput., vol. 2, no. 1, pp. 22–33.
S. Sugiyanto, B. Kartowagiran, and J. Jailani. 2015 “Pengembangan Model Evaluasi Proses Pembelajaran Matematika Di Smp Berdasarkan Kurikulum 2013,” J. Ppendidikan Tek. mekatronika, vol. 5, no. 4, pp. 300–311.
N. A. Erlinawati et al., “Media Pembelajaran Mobile Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Kemampuan Praktikum,” J. Ilm. Mhs. Pendidik. Kim., vol. 1, no. 4, pp. 52–59.
S. Zulfiqar Bin Tahir, “Penggunaan Facebook Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Deskriptif Mahasiswa Fkip Jurusan Bahasa Inggris Di Universitas Iqra Buru,” PROSPEK Kopertis IX, vol. XV, no. Januari 2013, pp. 68–76, 2013
Published
2017-12-31