ANALISIS BERITA FEATURE MAHASISWA SEMESTER V PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA STKIP-PGRI LUBUKLINGGAU
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tulisan berita feature mahasiswa semester V Program
Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Persatuan Guru Republik Indonesia Lubuklinggau tahun 2016. Penelitian ini menggunakan metode
deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa pada aspekpemilihan judul
dikategorikan cukup , organisasi lead, batang tubuh, dan penutupberita feature dikategorikan cukup,
kelengkapan isi berita dikategorikan baik, ketepatan pemilihan kosakata dikategorikan cukup,
penggunaan ejaan dan tanda baca dikategorikan baik, dan penggunaan kalimat efektif dikategorikan
cukup. Faktor yang mendominasi adalah pengalaman yang dimiliki mahasiswa masih sangat rendah,
hal ini nantinya menjadi perhatian penulis sebagai dosen pengampu matakuliah untuk giat melatih
keterampilan menulis berita feature menjadi lebih baik.
Kata Kunci:
References
Alwi, Hasan. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Djuraid, Husnun N.2007. Panduan Menulis Berita. Malang: UMM PressFaqih.
Hasnun, Anwar. 2006. Pedoman Menulis untuk Siswa SMP dan SMA. Yogyakarta: Andi Offset.
Poerwadarmita. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Romli, Asep Syamsul. 2000. Jurnalistik Praktis. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Semi, M. Atar. 2000 . Teknik Penulisan Berita, Feature, dan Artikel. Bandung: Angkasa.
Siregar, Ashadi, dkk. 2012. Bagaimana Meliput dan Menulis Berita Untuk Media massa. Yogyakarta: Kanisius.
Sumandiria, Haris. 2005. Jurnalistik Indonesia. Bandung: Sembiosa Rekatama Media.
Jurnal Perspektif Pendidikan by https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.