KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA TRADISIONAL DITINJAU DARI MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan penggunaan alat peraga tradisional ditinjau dari motivasi dan prestasi belajar matematika anak didik, dan mengetahui apakah motivasi dan prestasi belajar matematika anak didik yang diajar menggunakan alat peraga tradisional lebih baik daripada motivasi dan prestasi belajar matematika anak didik yang diajar menggunakan alat peraga gambar. Penelitian eksperimen dengan jenis quasi experiment ini menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Data diperoleh dengan teknik observasi untuk mendapatkan data awal, pretest untuk mengetahui kesetaraan prestasi anak didik, posttest untuk memperoleh data tentang prestasi anak didik setelah mendapatkan perlakuan, dan angket motivasi belajar untuk memperoleh data tentang tingkat motivasi belajar matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan alat peraga tradisional efektif dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika anak didik. Motivasi dan prestasi belajar matematika anak didik yang diajar menggunakan alat peraga tradisional lebih baik daripada motivasi dan prestasi belajar anak didik yang diajar menggunakan alat peraga gambar.
References
Creswell, J. W. (1994). Research design-qualitative and quantitative approaches. London: SAGE Publications.
Gregory, R. J. (2000). Psychological testing-history, principles, and applications. New York: Allyn & Bacon. Inc.
Hopkins, C. D. & Antes, R. L. (1978). Classroom measurement and evaluation. Itasca: F. E. Peacock Publishers, Inc.
Nasution, S. (2008). Teknologi pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Van de Walle, J. A. (2008). Matematika sekolah dasar dan menengah-pengembangan pengajaran. (Alih bahasa oleh Suyono). Jakarta: Erlangga. (Buku asli diterbitkan tahun 2007).
Jurnal Perspektif Pendidikan by https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.