PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK KELAS 1 SD NEGERI 10 KOTA LUBUKLINGGAU MELALUI KEGIATAN MENDONGENG TAHUN 2017

  • Mansyur Romadon Putra STKIP PGRI Lubuklinggau
Keywords: Menyimak, anak,  dongeng

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan Menyimak Siswa Kelas 1 SD N 10 Kota Lubuklinggau melalui kegiatan mendongeng. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek yang digunakan yaitu  siswa kelas 1 SD N 10 Kota Lubuklinggau berjumlah 27orang, terdiri dari 12 anak laki-laki dan 15 anak perempuan. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus yang tiap siklusnya meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada siklus pertama kemampuan menyimak  anak hanya meningkat 58 % sedangkan pada siklus kedua meningkat lebih dari 80% . Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode ini dapat membantu meningkatkan kemampuan bahasa menyimak anak.

References

Dhieni, Nurbiana dan Gusti Yarmi (2008), Pengembangan Kemampuan Bahasa Lisan, dalam Dhieni, Nurbiana, dkk (2008), Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta. Universitas Terbuka.
Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.2010.Pengembangan Konsep Pengetahuan Bahasa Pada Lembaga Kelompok Bermain. Kementrian Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal. Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.
Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.2010.Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini, dalam Perkembangan Anak (MOT) Pada Lembaga Kelompok Bermain. Kementrian Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal. Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.
Direktorat Pembinaan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar.2010. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Bahasa di Taman Kanak-kanak. Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.Jakarta : Direktorat Pembinaan TK dan SD
Kusniaty, Nany, (2008), Metode Pengembangan Bahasa 1 , dalam Dhieni, Nurbiana, dkk (2008), Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta. Universitas Terbuka.
Setiawan, Denny dan Untung L. Budi (2010), Perkembangan dan Konsep dasar Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini, dalam Aisyah, siti, dkk (2010), Perkembangan dan Konsep Dasar Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta. Universitas Terbuka.
Wardhani, I GAK, (2010), Langkah-langkah Penelitian Tindakan Kelas, dalam Wardhani, I GAK dan Kuswaya Wihardit, (2010), Penelitian Tindakan kelas. Jakarta.
Published
2016-12-31