KONTRIBUSI INTERAKSI DOSEN-MAHASISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DAN KETERAMPILAN BELAJAR MAHASISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATAKULIAH PERSAMAAN DIFFERENSIAL

  • Drajat Friansah STKIP PGRI Lubuklinggau
Keywords: kontribusi, interaksi, keterampilan belajar, persamaan differensial

Abstract

Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menentukan kontribusi interaksi dosen-mahasiswa dalam proses pembelajaran terhadap hasil belajar matakuliah persamaan differensial mahasiswa program studi pendidikan matematika STKIP PGRI Lubuklinggau. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan hubungan/korelasi (correlational research). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang mengambil matakuliah persamaan diferensial sebanyak 100 mahasiswa dengan sampel 30 mahasiswa pada semester IV tahun akademik 2014/2015. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling yang diundi secara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi dengan uji prasyarat hipotesis meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji homogenitas. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa (1) ada kontribusi interaksi dosen-mahasiswa dalam proses pembelajaran terhadap hasil belajar matakuliah persamaan differensial sebesar 7,4%, (2) ada kontribusi yang signifikan keterampilan belajar mahasiswa terhadap hasil belajar matakuliah persamaan differensial sebesar 23,91%, (3) ada kontribusi yang signifikan interaksi dosen-mahasiswa dalam proses pembelajaran dan keterampilan belajar mahasiswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar matakuliah persamaan differensial sebesar 26,01%.

References

Dimyati dan Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Renika Cipta.
Eggen, Paul dan Don Kauchak. 1997. Education Psychology Windows on Classroom. USA: Prentice Hall Inc.
Fosnot (Ed), Catherine Twoney. 1996. Contruktivism Theory, Perspektive, and Practice. New York: Teachers College Columbia University.
Gie. T.L. 1995. Cara Belajar yang Efisien :Sebuah Buku Pegangan untuk Mahasiswa Indonesia (Jilid II). Yogyakarta: Liberty.
Gredler, Margaret E. 2009. Learning and Instruction: Theory into Practice. New Jersey: Pearson Education, Inc.
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasution, Farid. 2001. Hubungan Metode Mengajar Dosen, Keterampilan Belajar, Sarana Belajar, dan Lingkungan Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, Jilid 8, Nomor 1, Februari 2001.
Rahmat, Jalaludin. 1996. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Reigeluth, Charles M. (Ed). 2009. Instructional Design, Theory and Models: An Overview of Their Current Status. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates Publishers.
Sardiman. 2000. Pengantar Interaksi Belajar Mengajar, Dasar-dasar dan Teknik-teknik Metodologi Pengajaran. Bandung: Tarsito
Schunk, Dale H. 2012. Learning Theory An Education Perspective. Boston: Pearson Education. Inc.
Simanjuntak, Haholongan. 2013. Kontribusi Kemampuan Guru Melaksanakan Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Persamaan Kuadrat Pada Siswa SMA Negeri 1 Pangkal Pinang. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 19, Nomor 1, Maret 2013.
Sitepu, B.P. 2015. Pengembangan Sumber Belajar. Makalah dipresentasikan pada Seminar Nasional dan Lomba Media Pembelajaran, 21-22 Nopember, Lubuklinggau.
Smaldino, Sharon E. Deborah L. Lowther, dan James D. Russel. 2011. Instructional Technology and Media for Learning, diterjemahkan Arif Rahman. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Thoha, Miftah. 1992. Prilaku Organisasi. Bandung: Rajawali Press.
Published
2015-12-31