PENGEMBANGAN MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFC

  • Idul Adha STKIP PGRI Lubuklinggau
  • Somakim S. Universitas Sriwijaya
  • Rusdy A. Siroj Universitas Sriwijaya
Keywords: Pendekatan scientific, garis singgung lingkaran, Lembar Aktifitas Siswa (LAS), pembelajaran matematika

Abstract

Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar materi garis singgung lingkaran dengan pendekatan scietific berupa Lembar Aktifitas Siswa (LAS) yang valid, praktis dan mempunyai efek potensial serta menjelaskan proses pengembanganya. Tahap penelitian meliput, tahap preliminary dan prototyng dengan alur formatif evaluation. Sebanyak 39 siswa SMPN 9 Palembang yang terlibat dalam tahap prototyping. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, walk through, lembar observasi, dan hasil tes. Penelitian ini menghasilkan bahan ajar materi garis singgung lingkaran dengan pendekatan scientific berupa LAS yang valid, praktis, dan mempunyai efek potensial. Kevalidan bahan ajar ditinjau dari hasil validasi pakar pada tahap expert review dan uji prototipe pada tahap small group, sedangkan kepraktisan bahan ajar diperoleh dari revisi hasil uji one-to-one dan small group. Efek potensial dari bahan ajar ini diketahui dari hasil field test dan hasil tes avaluasi akhir siswa.

References

Azimi & Edi. 2013. Upaya Meningkatkan Tahap Berpikir Siswa pada Materi Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran Melalui Pembelajaran Geometri Van-Hiele Kelas VIII di NW Lepak. (Online) http://jurnalonline.um.ac.id/data/artikel/artikel14D4BFEC1BF62FD345DDDEE0D92C16B8.pdf, diakses tanggal 5 Maret 2014.
Beckmann, A. 2010. Learning Mathematic Through Scientific Contents and Methods. Germany: University of Education Schwabisch Gmund.
Gunawan (Widyaiswara PPPPTK BOE Malang). (online). http://www. vedcmalang.com/pppptkboemlg/index.php/artikel-coba2/edukasi/472pendidikan-matematika-realistik-di-sekolahdasar-sd.
Hasratuddin. 2013. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), Volume 4, No 2, Desember 2010.
Kemendikbud. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Cirebon: Eduvision Publishing.
Nurhayati. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Turunan Fungsi Melalui Pendekatan Konstruktivisme Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Edukasi Matematika (EDUMAT), Volume 4, No 8, November 2013.
Kermendikbud. 2013. Lampiran IV Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran.
Rohani, S. 2010. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-soal Pokok Bahasan Garis Singgung Lingkaran Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP MTA Gemolong Tahun Ajaran 2008/2009. FKIP UNS. (online) http://library.uns.ac.id/dglib/pengguna.php?mn=showview&id=13118.
Published
2015-12-31