PERKEMBANGAN MADRASAH ALIYAH AL-FATAH SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN YANG DISELENGGARAKAN PESANTREN SHUFFAH HIZBULLAH NATAR LAMPUNG SELATAN

  • Isbandiyah S. STKIP PGRI Lubuklinggau
  • Syaiful M. Universitas Lampung
  • Wakidi W. Universitas Lampung
Keywords: Perkembangan Madrasah Aliyah Al-Fatah, Lembaga Pendidikan, Pesantren

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan Madrasah Aliyah Al-Fatah sebagai lembaga pendidikan yang diselenggarakan Pesantren Shuffah Hizbullah Al-Fatah di Natar Lampung Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu melalui teknik wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, Madrasah Aliyah Al-Fatah telah mengalami perkembangan yang dapat dilihat dari unsur siswa, guru, kurikulum pendidikan, sarana dan prasarana, kerja sama pihak madrasah dengan instansi terkait, dan hubungan madrasah dengan masyarakat.

References

Ahmadi, Abu. 1991. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.
Baradja, Abu Bakar. 2005. Psikologi Perkembangan: Tahapan-tahapan dan Aspek-aspeknya. Jakarta: Studia Press.
Basori, Ruchman. 2008. The Founding Father: Pesantren Modern Indonesia, Jejak Langkah K.H. A. Wahid Hasyim. Jakarta: Inceis.
Departemen Agama RI. 2003. Visi, Misi, Strategi. dan Program Ditpekapontren. Indonesia: Direktorat Pendidikan Keagamaan dan Pondok Pesantren Direktorat Jenderal Kelembagaan Islam.
Departemen Pendidikan Agama. 2004. Sinergi Madrasah dan Pondok Pesantren: Suatu Konsep Pengembangan Mutu Madrasah. Indonesia: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.
Fauzi, Ahmad. 1997. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.
Hasbullah. 2001. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia: Lintasan Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Bangsa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Maksum. 1999. Madrasah: Sejarah dan Perkembangan. Jakarta: PT Logos Wacana Ilmu.
Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi. 1989. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.
Published
2014-12-31