PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS OPEN ENDED KELAS X DI SMA NEGERI 8 LUBUKLINGGAU TAHUN PELAJARAN 2014/2015

  • Tri Ariani STKIP PGRI Lubuklinggau
  • Fitria Dewiyanti SMA Negeri 8 Kota Lubuklinggau
Keywords: Pengembangan, Modul Fisika, Berbasis Open Ended

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengkaji kualitas modul siswa yang baik untuk pembelajaran fisika jika ditinjau dari segi kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikan; 2) mengetahui efek pengiring dari pengembangan modul fisika berbasis open ended di tinjau dari hasil belajar kognitif siswa; dan 3) mendeskripsikan respon siswa selama pembelajaran menggunakan modul berbasis open ended. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan menggunakan model 4-D. Data penelitian ini diperoleh melalui lembar validasi modul, lembar observasi respon siswa, lembar observasi aktivitas dan soal tes. Beberapa tahap penelitian dimulai dari pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (development). Hasil penelitian dari uji validitas produk di tinjau dari aspek kelayakan isi, aspek kebahasaan, aspek penyajian, dan aspek kegrafikan di peroleh kategori “sangat baik”. Respons siswa selama pembelajaran menggunakan C diketahui dari angket yang disebarkan peneliti pada akhir pembelajaran di peroleh kategori “baik”. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran menggunakan modul berbasis open ended di peroleh kategori “baik” dan terjadi peningkatan aktivitas pada tiap pertemuan. Hasil proses pembelajaran  di kelas X MIA 1 di peroleh data persentase ketuntasan hasil belajar yaitu 84 % yang telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Jika dikonversikan ke kurikulum 2013 dengan rata-rata nilai 3,11 dengan kategori “Baik”. Berdasarkan hasil analisa tersebut dan hasil pengamatan pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung, maka modul Fisika berbasis open ended ini layak digunakan untuk siswa SMA kelas X.

References

Hamalik. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamid, Ahmad Abu. 2004. Kajian Fisika Sekolah. Yogyakarta: FMIPA UNY.
Indriyanti dan Susilowati. 2010. Pengembangan Modul. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif .Yogyakarta: Diva Press.
Purwanto. 2005. Tujuan Pendidikan dan Hasil Belajar. Surakarta: Jurnal Tujuan Pendidikan dan Hasil Belajar Domain dan Taksonomi.
Shimada, S. & Becker, P., 1997. The Open-Ended Approach: A New Proposal for Teaching Mathematics. NY: NCTM.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: CV Alvabeta.
Suherman, Erman dkk. 2003 Strategi Pembelajaran Matematika Kotemporer. Bandung: UPI.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Published
2014-12-31