ASPEK AFEKTIF PADA MATA KULIAH KALKULUS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek afektif yakni: 1) sikap mahasiswa, 2) minat mahasiswa, 3) motivasi belajar mahasiswa semester I Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP-PGRI Lubuklinggau Tahun Ajaran 2014/2015 terhadap hasil belajar mata kuliah Kalkulus. Metode penelitian menggunakan metode ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang mengikuti perkuliahan Kalkulus I di Semester Gasal TA. 2014/2015 yang terdiri dari 3 kelas. Diambil dua kelas sebagai sampel pada penelitian adalah kelas IA terdiri dari 25 mahasiswa dan kelas IB terdiri dari 24 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non-tes berupa angket sikap, minat, dan motivasi belajar. Hasil analisis deskriptif statistik menunjukkan: 1) Mahasiswa kelas 1A memiliki sikap rata-rata sangat baik dari pada mahasiswa kelas 1B terhadap hasil belajar mata kuliah Kalkulus. 2) Mahasiswa kelas 1A memiliki minat rata-rata sangat tinggi dari pada mahasiswa kelas 1B terhadap hasil belajar mata kuliah Kalkulus. 3) Mahasiswa kelas 1A memiliki motivasi belajar rata-rata sangat tinggi dari pada mahasiswa kelas 1B terhadap hasil belajar mata kuliah Kalkulus. Mahasiswa kelas 1A lebih baik dari rata-rata sikap mahasiswa kelas 1B terhadap hasil belajar mata kuliah Kalkulus. Untuk uji keefektifan tidak dapat dilanjutkan karena hasil uji asumsi awal menunjukkan bahwa data berdistribusi normal namun tidak homogen.
References
Azwar, Saifuddin. 2010. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarata: Pustaka Pelajar.
Gable, R. K. 1986. Instrument Development in the Affective Domain. Lancaster: Kluwer – Nijhoffshing.
Hook, P & Vass, A. 2001. Creating Winning Classroom. London: David Fulton Publisher.
Krathwohl, D.R., Bloom, B.S., & Masia, B.B. (1981). Taxonomy of Educational Objectives: Book 2, Affective Domain. New York: Longman.
Nitko, Anthony J. & Susan M. Brookhart. 2007. Educational Assessment of Students. New Jersey: Pearson Education.
Olatunde, Y.P. 2009. Students Attitude Towards Mathematics and Academic Achievement in Some Selected Secondary School in Southwestern Nigeria. European Journal of Scientific Research ISSN 1450-216X Vol 36 No 3 (2009), pp 336-341.
Sax, Gilbert. 1980. Principles of Educational and Psychological Measurement and Evaluation. Second Edition. California: Wadsworth Publishing Company.
Schunk, D.H, Pintrich, P.R & Meece, J.L. 2010. Motivation in Education Theory: Research and Applications (3th ed). New Jersey: Pearson Educational International.
Winkel. W.S. (2004). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.
Jurnal Perspektif Pendidikan by https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.