PROBLEMATIKA MENULIS BAHAN AJAR MAHASISWA SEMESTER VII PROGRAM STUDI BAHASA INDONESIA STKIP PGRI LUBUKLINGGAU

  • Marianita M. STKIP PGRI Lubuklinggau
Keywords: Problematika Menulis, Bahan Ajar, Bahasa Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu, mengetahui problematiaka yang terjadi dalam menulis bahan ajar mahasiswa semester VII Prodi Bahasa Indonesia STKIP-PGRI Lubuklinggau. Rancangan penelitian menunjuk kepada kerangka konseptual bagaimana penelitian ini dilaksanakan. Pada penelitian ini menggunakan desain bentuk deksripsi kualitatif disebut juga penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian desktiptif  kualitatif  adalah “Sebuah penelitian yang bertujuan untuk memberikan atau menjabarkan suatu keadaan atau fenomena yang terjadi saat ini dengan menggunakan prosedur ilmiah untuk menjawab masalah secara aktual. Hasil dari skor tersebut dianalisis untuk mengetahui benar atau tidaknya adanya problematika menulis bahan ajar. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil perhitungan data didapatkan rata-rata yaitu 75,53. Nilai rata-rata kelas ketuntasan yaitu 87,50%, secara klasikal mahasiswa yang mendapat nilai sebanyak 28 mahasiswa  (87,50%). Secara individual mahasiswa mendapat nilai ≥ 70 dengan kriteria tuntas sebanyak 28 orang.

References

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogyakarta: Diva Press.
Arikunto, S. 2010. Kontruksi Pengembangan Pembelajaran Pengaruh Terhadap Mekanisme dan Praktik Kurikulum. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Syukir. 1983. Dasar-dasar Strategi Dakwah Islami. Surabaya : Al-Ikhlas
Sugiyanto. 2010. Model-Model Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pressindo.
Tarigan, H.G. 2008. Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
Published
2018-06-30