PROBLEMATIKA MENULIS BAHAN AJAR MAHASISWA SEMESTER VII PROGRAM STUDI BAHASA INDONESIA STKIP PGRI LUBUKLINGGAU
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu, mengetahui problematiaka yang terjadi dalam menulis bahan ajar mahasiswa semester VII Prodi Bahasa Indonesia STKIP-PGRI Lubuklinggau. Rancangan penelitian menunjuk kepada kerangka konseptual bagaimana penelitian ini dilaksanakan. Pada penelitian ini menggunakan desain bentuk deksripsi kualitatif disebut juga penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian desktiptif kualitatif adalah “Sebuah penelitian yang bertujuan untuk memberikan atau menjabarkan suatu keadaan atau fenomena yang terjadi saat ini dengan menggunakan prosedur ilmiah untuk menjawab masalah secara aktual. Hasil dari skor tersebut dianalisis untuk mengetahui benar atau tidaknya adanya problematika menulis bahan ajar. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil perhitungan data didapatkan rata-rata yaitu 75,53. Nilai rata-rata kelas ketuntasan yaitu 87,50%, secara klasikal mahasiswa yang mendapat nilai sebanyak 28 mahasiswa (87,50%). Secara individual mahasiswa mendapat nilai ≥ 70 dengan kriteria tuntas sebanyak 28 orang.
References
Arikunto, S. 2010. Kontruksi Pengembangan Pembelajaran Pengaruh Terhadap Mekanisme dan Praktik Kurikulum. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Syukir. 1983. Dasar-dasar Strategi Dakwah Islami. Surabaya : Al-Ikhlas
Sugiyanto. 2010. Model-Model Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pressindo.
Tarigan, H.G. 2008. Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
Jurnal Perspektif Pendidikan by https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.