PELAKSANAAN MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI SUNGAI JAUH KABUPATEN MUSI RAWAS UTARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • Hendarti Yuliana SMP Negeri Sungai Jauh, Indonesia
Keywords: Manajemen, Peserta Didik

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan hambatan-hambatan dalam pembinaan peserta didik serta upaya mengatasi hambatan dalam pelaksanaan pembinaan peserta didik di SMP Negeri Sungai Jauh. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Dengan lokasi penelitian di SMP Negeri Sungai Jauh Kabupaten Musi Rawas Utara. Subyek penelitian ini adalah Pembantu Kepala Sekolah bidang Kesiswaan, Pembantu Kepala Sekolah bidang Sarana dan prasarana, Koordinator OSIS, Koordinator ekstrakurikuler, dan Koordinator BK. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Perencanaan pembinaan peserta didik di SMP Negeri Sungai Jauh dilakukan setiap awal tahun pelajaran baru yaitu dengan mengadakan rapat perencanaan kegiatan pembinaan peserta didik yang menghasilkan program kerja pembinaan peserta didik di sekolah yang meliputi kegiatan OSIS, kegiatan ekstrakurikuler, dan layanan BK 2). Pelaksanaan pembinaan peserta didik di SMP Negeri Sungai Jauh masih ada kegiatan pembinaan peserta didik yang tidak terlaksana antara lain kegiatan OSIS meliputi kesenian dan majalah dinding, kegiatan ekstrakurikuler meliputi kegiatan PMR dikarenakan kurangnya fasilitas dan pembina kegiatan 3). Evaluasi pembinaan peserta didik di SMP Negeri Sungai Jauh yaitu menilai proses pelaksanaan kegiatan pembinaan peserta didik di sekolah dan menilai hasil kegiatan pembinaan peserta didik diĀ  sekolah yang di lakukan oleh kepala sekolah setiap akhir tahun pelajaran 4). Hambatan dalam melaksanakan kegiatan pembinaan peserta didik di SMP Negeri Sungai Jauh meliputi kurangnya personil, kurangnya fasilitas, serta kurangnya perhatian dari peserta didik. Upaya untuk mengatasinya dengan mengoptimalkan personil yang ada di sekolah, mengoptimalkan fasilitas yang ada di sekolah, dan adanya pengarahan dari koordinator, dan guru dalam mengatasi peserta didik yang kurang perhatian.

References

Ary Gunawan, 2016. Administrasi Sekolah. Jakarta:PT. Rineka Cipta.

Burhan Bungin. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada.

H, Akidawati, & Wahed, Andi. 2018. "Studi Pembinaan Kokurikuler siswa di SMK Negeri 1 Watansoppeng." Seminar Nasional Administrasi pendidikan dan Manajemen pendidikan. Makassar: Proseding Seminar Nasional Administrasi pendidikan dan Manajemen Pendidikan, hal 244.

Moleong, 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

OscarGare fufindo 2016. Pembinanan Kesiswaan di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Sungayang Kabupaten Tanah Datar, Bahana Manajemen Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan.

Rabi & Ansar. Manajemen Kesiswaan Full Day School (Studi pada Pembinaan Siswa di SMP Negeri 6 Makassar) Jurnal Administrasi, Kebijakan, dan Kepemimpinan Pendidikan Volume [1] no [1] Agustus 2019

Sekretariat Menteri Pendidikan Nasional. 2008. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 39 Tahun 2008 Tentang Pembinaan_Kesiswaan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Siregar, Lis Yulianti Syafarida. 2017. "Full Day School sebagai penguatan pendidikan karakter (Perspektif Psikologi Pendidikan Islam)." Jurnal pendidikan dan Manajemen Islam, hal 309.

Suharsimi Arikunto, 2012. Manajemen Pendidikan Sebuah Pengantar Bagi Para Calon Guru. Surakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) dan UNS Press.

Suprapto, Ribut. 2017. "Pengaruh Manajemen Kesiswaan terhadap hasil belajar mata pelajaran SKI siswa kelas VII E MTsN Sambirejo Banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017." Jurnal Darussalam ; jurnal pendidikan, komunikasi dan pemikiran hukum islam, hal 189.

Syaiful Sagala. 2014. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Yudha M. Saputra. 2007. Pengembangan Kegiatan Ko dan Ekstrakurikuler. Bandung: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Yuwono, Tristiyo Hendro. 2017. "Full day school: Realisasi pembentukan karakter." Jurnal Pigur, hal 74.
Published
2020-06-27