PENGARUH MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII

  • Permana Akbar STKIP PGRI Lubuklinggau, Indonesia
  • Efuansyah E. STKIP PGRI Lubuklinggau, Indonesia
  • Maria Luthfiana STKIP PGRI Lubuklinggau, Indonesia
Keywords: Influence, STAD, Problem Solving Ability

References

Arhasy, E., Rustina, R., & Heryani, Y. (2015). Kontribusi Pembelajaran Kontekstual dengan Teknik SQ4R terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Berpikir Kritis Matematis. Jurnal Siliwangi,1(1), 21-31.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Pratik. Jakarta: Rineka Cipta.

Astrawan, Ngurah dkk (2015). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division Terhadap Aktivitas Siswa dan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Sukasada. E-Journal Program Studi Administrasi Pendidikan UNDIKSHA Singaraja, 6(1).

Azizah, G., & Sundayana, R. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Sikap Siswa Terhadap Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Air dan Probing-Promting. Jurnal Mosharafa Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(3), 305-314.

Baharudin, E. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Efuansyah, & Wahyuni, R. (2019). Optimalisasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika melalui Model Means-Ends Analysis di Kelas VIII. Journal of Mathematics Science and Education (JMSE), 1(2), 17-27

Fauzih, A. (2010). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP melalui Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Tranferring (REACT). Forum Kependidikan, 30(1), 1-13.

Hartono, R. (2013). Ragam Model Belajar Yang Mudah Diterima Murid. Yogyakarta: Diva Press.

Herlawan, & Hadija. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII melalui Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbasis Kontekstual.Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 3(1), 33-38.

Iriani, D., & Leni, M. (2013). Identifikasi Gaya Belajar dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kubus dan Balok di kelas VIII SMPN 2 Kerinci. Journal Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung, 1(1), 109-114.

Isjoni. (2010). Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Luthfiana, Maria., Yuliasnyah., & Fauziah, Anna. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika : Judika Education, 1(1)

Wahyuni, Reny., & Efuansyah. (2018). Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Menggunakan Strategi Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 2(1), 24.
Published
2020-12-30
How to Cite
Akbar, P., E., E., & Luthfiana, M. (2020). PENGARUH MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII. JOURNAL of MATHEMATICS SCIENCE and EDUCATION, 3(1), 1-7. https://doi.org/https://doi.org/10.31540/jmse.v3i1.1034