PELATIHAN SENAM KEBUGARAN JASMANI KEPADA ANAK DALAM MENJAGA IMUNITAS TUBUH DI KELURAHAN SANGGENG

  • Irma Suriani STKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Deni Yuliani STKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Elvi Rahmi STKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Syahira Syahira STKIP Muhammadiyah Manokwari
Keywords: Training, Physical fitnes, Body Immunity

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan untuk memberikan edukasi dalam pelatihan kebugaran jasmani kepada anak-anak dalam menjaga imunitas tubuh di kelurahan sanggeng. Metode yang dilakukan dalam pengabdian ini terdiri dari pra kegiatan dilakukan untuk menyiapkan peralatan dan materi yang akan disampikan untuk pelatihan, pelaksanaan kegiatan adalah pelaksanaan peatihan senam kebugaran jasmani kepada anak, kemudian monitoring dan evaluasi ini adalah melakukan refleksi terhadap kegiatan yang telah dilakukan bersama dengan anggota tim, kemudian menyusun laporan dan menyiapkan artikel untuk dilakukan publikasi hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat.Pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat senam kebugaran jasmani anak ini terlihat sangat antusias dalam mengikutinya, karena melakukan praktik terhadap senam kebugaran dengan melakukan beberapa macam jenis-jenis olahraga senam yang diberikan. Dari kegiatan pelatihan ini diharapkan semua anak-anak khususnya di kelurahan sanggeng bisa melakukan cara menjaga kebugaran jasmani dengan baik dan benar.

References

Arifin, Z. (2018). Pengaruh Latihan Senam Kebugaran Jasmani (SKJ) Terhadap Tingkat Kebugaran Siswa Kelas V di MIN Donomulyo Kabupaten Malang. Al-Mudarris: Journal Of Education, 1(1), 22-29.

Dwijayanti, K., & Febrianti, R. (2021). Menjaga Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi Covid-19 Dengan Senam Aerobik. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 392-395.

Hakim, N., Ulpi, W., & Hasyim, F. A. (2022). Meningkatkan Kebugaran Jasmani Anak pada Masa Pandemi melalui Kegiatan Senam Berbasis Windows Movie Maker. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2677-2689.

Indriyani, P., Supriyatno, H., & Santoso, A. (2010). Pengaruh latihan fisik; senam aerobik terhadap penurunan kadar gula darah pada penderita DM tipe 2 di wilayah Puskesmas Bukateja Purbalingga. Nurse Media Journal of Nursing, 1(2).

Lanawati, L. R., & Kuswardhani, R. A. T. (2015). Hubungan antara senam kesegaran jasmani dengan fungsi kognitif dan keseimbangan tubuh lansia di Denpasar. Public Health and Prevenfive Medicine Archive, 3(2), 211-7.

Prasetio, E., Sutisyana, A., & Ilahi, B. R. (2017). Tingkat Kebugaran Jasmani Berdasarkan Indeks Massa Tubuh Pada Siswa SMP Negeri 29 Bengkulu Utara. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 1(2), 86-91.

Rubiana, I., Mulyana, F. R., Herliana, M. N., & Soraya, N. (2021). Meningkatkan imunitas tubuh melalui senam umum ditengah Pandemi Covid 19. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 529-536.

Rusli, M., Suhartiwi, S., & Marsuna, M. (2022). Efektivitas Latihan Senam Kebugaran Jasmani 2018 Terhadap Peningkatan Kesegaran Jasmani. Riyadhoh: Jurnal Pendidikan Olahraga, 5(1), 125-131.

Septiana, A., Rahayu, S., & Sugiarto, S. (2019). Latihan Senam Ayo Bersatu Dapat Meningkatkan Kebugaran Jasmani Anak Tunagrahita Ringan di SLB Negeri Semarang. Journal of Sport Science and Fitness, 5(2), 111-117.

Sujarwo, S., Sukiri, S., & Subandi, O. U. (2018, November). Peningkatan Kebugaran Melalui Senam Kebugaran Sekolah Islam Terpadu di SDIT Rahmaniah Kota Depok. In Prosiding Seminar dan Lokakarya Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta (Vol. 3, No. 01, pp. 257-270).
Published
2022-12-10

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>