PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENDAMPINGAN KELOMPOK BELAJAR BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK-ANAK SEKOLAH DASAR DI KAMPUNG WARAMUI KECAMATAN SIDEY KABUPATEN MANOKWARI PROVINSI PAPUA BARAT

  • Syahira Syahira STKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Sigit Prafiadi STKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Kartini Kartini STKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Sulistyahadi Sulistyahadi STKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Irma Suriani STKIP Muhammadiyah Manokwari

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk memberikan pendampingan kelompok belajar untuk  mata  pelajaran  Bahasa  Inggris  dengan materi yang disesuaikan dengan kebutuhan anak-anak sekolah dasar di kampung Waramui Kecamatan Sidey Kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat, khususnya untuk meningkatkan penguasaan kosakata dan keterampilan berbicara sesuai dengan materi yang diajarkan.  Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat ini terbagi atas tiga tahap 1) Tahap persiapan adalam melakukan observasi dan koordinasi dengan kelompok belajar sebagai mitra, 2) Tahap pelaksanaan ini dilaksanakan pendampingan terhadap kelompok belajar dalam belajar bahasa inggris sesuai dengan materi yang ditentukan dan 3) Tahap evaluasi ini dilaksanakan untuk melihat sejauh mana kegiatan pengabdian pada masyarakat ini telah mencapai tujuan atau belum. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah anak-anak sangat antusias dan tertib mengikuti pendampingan bimbingan belajar bahasa inggris karena ini merupakan pengalaman baru bagi mereka. Anak-anak kelompok belajar dengan cepat dalam memahami kosakata baru, sehingga anak-anak kelompok belajar berani dan percaya diri untuk mencoba berbicara dengan bahasa inggris karena dalam kegiatan PKM ini setiap pertemuan pengajar mengadakan permainan dengan memeberikan hadiah kepada siswa yang berani maju untuk berbicara bahasa inggris.

References

Djiwandono, P. I. (2015). Meneliti itu tidak sulit: metodologi penelitian sosial dan pendidikan bahasa. Deepublish.

Eliana, N. (2020). Analisis Kemampuan Menulis Kosakata Bahasa Indonesia Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 45-55.

Hamalik, Oemar. (2016). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Hartati, A. A. (2021). Penerapan Metode Drill Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kosakata Bahasa Inggris Dengan Penggunaan Media Kartu Kata. Jurnal Pembelajaran Dan Riset Pendidikan (JPRP), 1(2), 378-399.

Marcelina, M., & Wahdah, N. (2022). Pengajaran Kosakata Dasar Bahasa Inggris (English Basic Vocabulary) dengan Metode Drilling di SMPN Satu Atap 1 Jabiren Raya. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 1018-1025.

Putra, P. P. (2021). Teknik dan Ideologi Penerjemahan Bahasa Inggris (Teori dan Praktik). Samudra Biru.

Sondakh, D. C., & Sya, M. F. (2022). Kesulitan Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Tingkat Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 1(3), 346-351.
Published
2023-12-15

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2