PELATIHAN ANALISIS DATA UJI COBA INSTRUMEN DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM SPSS VERSI 22

  • Isbandiyah Isbandiyah STKIP-PGRI Lubuklinggau
  • Yeni Asmara STKIP PGRI Lubuklinggau, Indonesia

Abstract

Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat ini yaitu: (1) mahasiswa dapat memahami analisis uji coba instrumen melalui pelatihan dengan menggunakan SPSS Versi 22; dan (2) agar mahasiswa dapat mengoperasikan program SPSS Versi 22 sebagai alat untuk menganalisis data uji coba instrumen. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini yaitu dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi. Untuk sasaran kegiatan dalam pengabdian ini adalah seluruh mahasiswa program studi Pendidikan Sejarah yang akan menyusun skripsi. Berdasarkan hasil kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, maka secara keseluruhan peserta kegiatan dapat memahami tentang analisis data uji coba instrumen serta mampu mengoperasikan program SPSS Versi 22, dengan jumlah persentase sebesar 80%, kehadiran peserta dengan jumlah persentase 58% dari jumlah yang diharapkan, serta antusiaseme peserta dalam mengikuti kegiatan pelatihan dikatakan baik.

References

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Muhtadin, M., Satinem, S., Sari, D. D., & Saputra, S. (2020). Pelatihan dan pendampingan penyusunan bahan ajar bagi guru pondok pesantren mazroillah kota lubuklinggau dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal cemerlang: Pengabdian pada Masyarakat, 2(2), 162-172.

Satinem, S., Juwati, J., & Noermanzah, N. (2020). Developing Teaching Material of Poetry Appreciation Based on Students Competency Analysis. English Review: Journal of English Education, 8(2), 237.

Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi Pasal 45.

Wawancara dengan Ibu Miyarni Sustianingsih, S.Pd., M.Hum. pada tanggal 25 November 2019 di ruang Program Studi Pendidikaan Sejarah

Wijaya, Tony. (2011). Cepat Menguasi SPSS 19. Yogyakarta: Cahaya Atma.

Asmara, Y., Muslihah, N. N., & Isbandiyah, I. (2019). p pelatihan penulisan aksara ulu sebagai upaya pelestarian budaya daerah pada kelompok musyawarah guru mata pelajaran (mgmp) sejarah kota lubuklinggau. jurnal cemerlang: Pengabdian pada Masyarakat, 1(2), 39-50.
Published
2020-12-29