WORKSHOP PEMANFAATAN E-LEARNING SCHOOLOGY DALAM PEMBELAJARAN PADA GURU SMP BAKTI IBU 11 LUBUKLINGGAU

  • Yeni Asmara STKIP PGRI Lubuklinggau, Indonesia
  • Dodik Mulyono STKIP PGRI Lubuklinggau, Indonesia
Keywords: Workshop , E-Learning, Schoology, Pembelajaran

Abstract

Tujuan kegiatan ini membantu guru SMP BI dalam membuat media pembelajaran dengan menggunakan E-Learning Schoology. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah yang dikombinasikan dengan metode demosntrasi dan latihan. Selanjutnya di akhir kegiatan akan diberikan evaluasi kepada guru yang mengikuti kegiatan tersebut dengan indikator keberhasilan kemampuan guru dalam menggunakan e-learning dalam hal ini Schoology. Dari hasil evaluasi diketahui sebanyak 53 guru hanya 20 orang guru atau 37.73% yang dapat mengaplikasikan e-learning:schoology sesuai dengan bidang studinya masing-masing. Dan 15  orang guru atau 28.30% baru berhasil membuat akun aplikasi dari e-learning schoology dikarenakan tidak menggunakan laptop tetapi menggunakan HP. 18 orang guru atau 33.96% belum dapat membuat akun dan mengaplikasikan e-learning schoology dikarenakan terkendala tidak membawa laptop dan HP serta belum memiliki e-mail pribadi. Pertemuan kedua ada 45 orang guru atau 84.90% guru yang telah memiliki akun dan membuat aplikasi e-learning:schoology sesuai dengan bidang studinya masing-masing. Dan 8 orang atau 15.09% guru sampai pada tahap pembuatan akun. Dengan demikian target yang diharapkan dapat tercapai bahkan lebih dari target yakni  rencana awal ditargetkan guru dapat menerapkan e learning schoology 75% ternyata setelah pelaksanaan PKM guru yang dapat menerapkan aplikasi tersebut mencapai 84.90%.

References

Abdillah, Leon Andretti. Students Learning Centre Strategy Based on E-Learning and Blogs. Providing SNST ke-4 Tahun 201 3, Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim Semarang. 2013.

Agustina, Merry. Pemanfaatan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi, Yogyakarta, 1 5 Juni 2013.

Amiroh. 2012. Under E-Learning, Edmodo, Moodle and Schoology. Online (http://amiroh.web.id). Diakses pada tanggal 28 Oktober 2019.

AminotodanPathoni, 2014. Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha danEnergi di Kelas XI SMAN 10 Kota Jambi. Jurnal Sainmatika. Vol. 8 No. 1. 2014.

Dahiya, S., Jaggi, S., Chaturvedi, K.K., Bhardwaj, A., Goyal, R.C. and Varghese, C., 2016.An eLearning System for Agricultural Education.Indian Research Journal of Extension Education, 12(3), 2012.

Ikhsanudin, Arief, 2015. Historia Masa Lampau selalu Actual. Diakses 3 Desember 2018 http://historia.id.budaya.articles.

Karwati, Euis. Pengaruh Pembelajaran Elektronik (E-Learning) Terhadap Mutu Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Komunikasi Vol. 17 No.1 , 2014.

Munir. Pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Bandung: Alfabeta. 2009.

OECD (2015). Programme for International Student Assessment (PISA). Diakses dari http://www.oecd.org/pisa/PISA-2015-Indonesia.pdf padatanggal 28 Oktober 2019.

Rohmah, 2016. Konsep E-Learning Dan Aplikasinya Pada Lembaga Pendidikan Islam. JurnalAn-Nur, 3(2). 2016.

Siahaan, E-learning sebagai Salah satu alternatif kegiatan pemebelajaran,” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol 3 No.1. 2003.

Sukamto, Binar Cipta Anggara. E-learning Jaringan Komputer Berbasis Web dan Aplikasi Mobile. Journal Teknik Elektro, Vol.1 No. 2. 2012.
Published
2020-06-29