PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PADA MATERI METABOLISME DI SMA NEGERI 4 LUBUKLINGGAU PROVINSI SUMATERA SELATAN

  • Ivoni Susanti STKIP PGRI Lubuklinggau

Abstract

This study aims to understand the importance of metabolis processes in organisms through the development of learning modules for students of SMA Negeri 4 Lubuklinggau. The type of research is development using the Borg and Gall develeopment model which is modified into 4 stages. After validation, the next step is to apply it to clas XII students. The results show that there are differences in student learning outcomes using the modules on fatty acid material and free fatty acid tests between before and after using the module and carrying out experiments, with the average value of the initial test (pre-test) 57,78 smaller than the average values. The final test (post-test) is 80,69 and is greater than the KKM score (70).

References

Ahira, A., (2011), Manfaat Belajar Biologi. Tersedia:http://www.anneahira.com/biologi.htm, diakses: Selasa, tanggal 13 Desember 2021.

Algiranto, A., & Sulistiyono, S. (2020). Development of Physics Students Worksheets with Scientific Approaches to Improve Skills Critical Thinking and High School Student Learning Outcomes. Jurnal Geliga Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 107-113.

Algiranto, A. (2018, May). Penerapan model pembelajaran POE (Prediction, Observation, Explanation) untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas X1 SMA Negeri 1 Padang Ulak Tanding Tahun Pelajaran 2016/2017. In Quantum: Seminar Nasional Fisika, dan Pendidikan Fisika (pp. 287-292).

Algiranto, A. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Fisika Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Partisipasi Dan Hasil Belajar Siswa Sma Kelas X. Jurnal Perspektif Pendidikan, 15(1), 69-80.

Amin, A., & Sulistiyono, S. (2021). Pengembangan Handout Fisika Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 11(1), 29-38.

Arikunto, 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Aneka Cipta.

Asyhar, R. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Bay, R. R., Algiranto, A., & Yampap, U. (2021). PENGGUNAAN MEDIA MICROSOFT POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 125-133.

Darmadi, H. 2009. Kemampuan Dasar Mengajar, Bandung: Alfabeta.

Marzuki, A. (2019, February). The development of students worksheet based on Predict, Observe, Explain (POE) to improve students’ science process skill in SMA Muhammadiyah Imogiri. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1153, No. 1, p. 012148). IOP Publishing.

Nikat, R. F., Supriyadi, S., & Algiranto, A. (2019). Pengembangan dan Evaluasi Soal Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Materi Usaha dan Energi. Musamus Journal of Science Education, 2(1), 9-21.

Sudijono, A. 2005. Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sulistiyono, S., & Dewiyanti, F. (2014). Penerapan Model Prediction, Observation, Explanation (POE) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X1 SMA Negeri 8 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Perspektif Pendidikan, 8(1), 16-21.

Sucita, A., Lestari, D., Angraini, F., Selpiyanti, S., & Walid, A. (2020). Evaluasi Pembelajaran Biologi Di SMAN 10 Kota Bengkulu Menggunakan Model Countenance Stake. Jurnal Muara Pendidikan, 5(1), 488-498.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistiyono, S., Mundilarto, M., & Kuswanto, H. (2018, May). Pengembangan lembar kerja siswa dengan pendekatan kerja laboratorium untuk meningkatkan keterampilan proses fisika. In Quantum: Seminar Nasional Fisika, dan Pendidikan Fisika (pp. 191-196).

Susanti, I., Lokaria, E., & Sintia, A. (2019). Pengaruh Model Auditory Intellectually Repetition (Air) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Biologi SMA N 5 Lubuklinggau. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 4(1), 45-51.

Susanti, I., & Nopianti, N. (2019, September). Efektifitas Model Pembelajaran Pair Checks terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Lubuklinggau. In Prosiding Seminar Nasional Hayati (Vol. 7, pp. 236-239).

Winarni. E. W 2011. Penelitian Pendidikan. Bengkulu : UNIB Press
Published
2021-12-29