PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK SISWA SMA

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK SISWA SMA

  • Algiranto Algiranto Universitas Musamus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan modul pembelajaran fisika berbasis discovery dearning untuk siswa SMA. (2) Mendeskripsikan kelayakan modul pembelajaran fisika berbasis Discovery Learning. (3) Mendeskripsikan respon siswa terhadap modul pembelajaran fisika berbasis discovery learning. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model 4-D dengan tahapan Definition, Design, Development, dan Dissemination. Berdasarkan hasil analisis penilaian kevalidan modul oleh para ahli terhadap modul pembelajaran fisika berbasis discovery learning ini ahli bahasa memberikan penilaian dengan rata-rata 0,83, ahli materi memberikan penilaian dengan rata-rata 0,88 dan ahli media memberikan penilaian dengan rata-rata 0,85. Respon siswa terhadap modul pembelajaran fisika berbasis discovery learning yang telah digunakan dalam pembelajaran mendapatkan respon yang sangat baik sebesar 87,20% pada aspek ketertarikan, 85,33% aspek materi dan 84,00% aspek bahasa.

References

Algiranto, A. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Fisika Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Partisipasi Dan Hasil Belajar Siswa SMA Kelas X. Jurnal Perspektif Pendidikan, 15(1), 69-80.

Algiranto, A., & Sulistiyono, S. (2020). Development of Physics Students Worksheets with Scientific Approaches to Improve Skills Critical Thinking and High School Student Learning Outcomes. Jurnal Geliga Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 107-113.

Algiranto, A., Sarwanto, S., & Marzuki, A. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Poe Predict, Observe, Explain) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Fisika Siswa SMA Muhammadiyah Imogiri. FKIP e-PROCEEDING, 3(1), 23-27.
Amin, A., & Sulistiyono, S. (2021). Pengembangan Handout Fisika Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 11(1), 29-38.

Algiranto, A. (2018, May). Penerapan model pembelajaran POE (Prediction, Observation, Explanation) untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas X1 SMA Negeri 1 Padang Ulak Tanding Tahun Pelajaran 2016/2017. In Quantum: Seminar Nasional Fisika, dan Pendidikan Fisika (pp. 287-292).

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:
Rineka Cipta.

Bay, R. R., Algiranto, A., & Yampap, U. (2021). Penggunaan Media Microsoft Power Point Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 125-133.

Marzuki, A. (2019, February). The development of students worksheet based on Predict, Observe, Explain (POE) to improve students’ science process skill in SMA Muhammadiyah Imogiri. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1153, No. 1, p. 012148). IOP Publishing.

Nikat, R. F., Supriyadi, S., & Algiranto, A. (2019). Pengembangan dan Evaluasi Soal Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Materi Usaha dan Energi. Musamus Journal of Science Education, 2(1), 9-21.

Nikat, R. F., Algiranto, A., Loupatty, M., & Henukh, A. (2022). Pemahaman Konsep Dinamika dan Kinematika Berdasarkan Conceptual Knowledge Melalui Aplikasi Game Quizizz. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(2), 218-230.

Roestiyah. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta.

Rosyidah, A.N., Sudarmin, & Siadi, K. (2013). Pengembangan modul FISIKA berbasis etnosains zat aditif dalam bahan makanan untuk kelas VIII SMP Negeri Pegandon Kendal. Unnes Science Education Journal, 2(1), 133-139.

Sungkono. (2009). Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sulistiyono, S. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Scientific Investigation untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Penguasaan Materi Siswa SMA. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 2(1), 33-41.

Sulistiyono, M., & Kuswanto, H. (2017). Pengembangan Panduan Praktikum Fisika Berbasis Inkuiri Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Siswa SMA. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 4(1), 89-98.

Trianto. (2013). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.
Published
2022-06-09