KEMAMPUAN GENERALISASI MATEMATIS MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF DI SMP NEGERI MEGANG SAKTI

  • As Elly S Universitas PGRI silampari
  • Rani Refianti Universitas PGRI Silampari
Kata Kunci: Kata Kunci : pendekatan, metakoqnitif, generalisasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pendekatan keterampilan metakognitif pada pembelajaran matematika terhadap kemampuan generalisasi matematis siswa SMP Negeri Megang sakti. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian semu experimental. Penelitian ini dilakukan pada kelas VII1 sebagai kelas experiment dan kelas VII2 sebagai kelas control. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP Negeri Megang Sakti. Kelas experiment menggunkan pendekatan metakognitif dan kelas control menggunkan pembelajaran konvensional. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode Teknik tes. Data dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis tes akhir diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen  sebesar 80,06 dan  kelas kontrol sebesar 67,24 dengan Sgab = 9,65, berdasarkan perhitungan pada uji hipotesis didapatkan nilai thitung = 5,323   ttabel = 1,669. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan keterampilan Metakognitif dalam pembelajaran metematika terhadap kemampuan Generalisasi matematika siswa di SMP Negeri Megang Sakti.

Referensi

Anggoro, B. S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Generalisasi Matematis Siswa Melalui Discovery Learning dan Model Pembelajaran Peer Led Guided Inquiri. Jurnal Pendidikan Matematika (Al-Jabar), 7(1), 11-20.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi 2010. Jakarta: Rineka Cipta.
Dani, S., Pujiastuti, H., & Sudiana, R. (2017). Pendekatan Realistics Mathematics Education Untik Meningkatkan Kemampuan Generalisasi Matematis Siswa. JPPM, 10(2), 182-193
Dirgantoro, K. P. S. (2018). Pendekatan Keterampilan Metakognitif dalam pembelajaran matematika. Jurnal Matematika dan Ppendikan Matematika, 3(1), 1-10.
Fasha, A., Johar, R., & Ikhsan, M. ( 2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pendekatan Metakognitif. Jurnal Dikdaktik Matematika, 5(2), 53-64.
Hermanto, R. (2011). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STADBerbantuan Program Sketchpad Terhadap Kemampuan Generalisasi Matematik Siswa SMP. Tesis Upi. Bandung : Tidak diterbitkan.
Ismiayah, S., Nindiasari, H., & Syamsuri. (2020). Pengaruh Pendekatan Metakognitif Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA Berdasarkan Perkembangan Kognitif. Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika, 2(1), 1-14.
Konita, M., Asikin, M., & Asih, T. S. N. (2019). Kemampuan penalaran matematis dalam model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflekting, Exstending (CORE). PRISMA, ISSN.2613-9189, 611-615.
Lesmana, L. A., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2018). Meningkatkan Kemampuan Generalisasi Matematik dan Kepercayaan Diri Siswa SMP Dengan Pendekatan Metaphorikal Thinking. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 863-872.
Muslim & Sunardi. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMA pada Materi Geometri Ruang. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 171-178.
Nadia, N. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe JIGSAW Dengan
Pendekatan Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Generalisasi
Matematis Siswa: Penelitian Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VII SMP di Bandung.
Nurasyiyah, D. A. (2014). Pendekatan Metakognitif dalam Pembelajaran Matematika untuk Pencapaian Kemampuan Koneksi Data Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMA. JPM, 6(2), 115-125.
Sitorus, Y. I., & Sutirna. (2021). Analisis Kemampuan Generalisasi Siswa SMP Negeri 08 Karawang Pada Materi Segitiga. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 60-75.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Pendidikan matematika, 5(1), 1-10.
Diterbitkan
2022-06-09