THE UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERTANYA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN di KELAS VB SD NEGERI 1 KEDUNGBANTENG

  • Alfina Nurlitasari Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia
  • Badarudin B. Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia
  • Karma Iswasta Eka Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia
Keywords: Keterampilan Bertanya, Prestasi Belajar, Model Discovery Learning

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya keterampilan bertanya dan prestasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat peningkatan keterampilan bertanya dan prestasi belajar peserta didik dengan menerapkan model  Discovery Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Negeri 1 Kedungbanteng yang berjumlah 26 peserta didik terdiri dari 13 peserta didik laki-laki dan 13 peserta didik perempuan. Alat pengumpulan data menggunakan tes evaluasi belajar, lembar observasi keterampilan bertanya, lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning dapat meningkatkan keterampilan bertanya peserta didik yang berada pada kriteria terampil dan prestasi belajar yang berada pada kriteria sangat baik.

References

Arifin, Z. (2011). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Astuti, M. (2015). Peningkatan Keterampilan Bertanya dan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 Sdn Slungkep 03 Menggunakan Model Discovery Learning. Jurnal Scholaria, 5, 1, 10-23
Depdiknas. (2003). Undang-Undang No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas
Djamarah. (2005). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Hasibuan, J & Moedjiono. (2009). Proses Belajar Mengajar. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Hamdu,G & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12, 1, 81-86
Husen. 2013. Pengaruh Pemberian Reward terhadap Kemampuan Bertanya pada Mata Pelajaran Geografi Topik Hidrosfer. Skripsi. Jurusan Fisika, prode S1 Geografi , Fakultas Matetika dan IPA. Universitas Negeri Gorontalo.
Lokaria, E & Nopiyanti. (2018). Peningkatan Hasil Belajar IPA Dengan Menerapkan Model Quantum Earning Siswa SMPN O Mangunharjo. Jurnal Perspektif Pendidikan. 12, 1, 107-116
Murni, W., Marno., Padil, M., Yunus, M., Yasin, F., Basith, A., & Amrullah, A. (2010). Keterampilan Dasar Mengajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Royani, M., & Muslim, B. (2014). Keterampilan Bertanya Siswa SMP Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz Pada Materi Segi Empat. Jurnal Pendidikan Matematika, 2, 1, 22-28.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Published
2019-06-30