UPAYA MENINGKATKAN EFIKASI DIRI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN TEAM QUIZ PADA TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN DI KELAS V SD NEGERI KEDONDONG

  • Eka Puspita Sari Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia
  • Badarudin B. Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia
  • Ana Andriani Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia
Keywords: Efikasi Diri, Prestasi Belajar, Pembelajaran Team Quiz

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya efikasi diri dan prestasi belajar peserta didik di kelas V SD Negeri Kedondong. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan efikasi diri dan prestasi belajar peserta didik melalui pembelajaran team quiz. Penelitian ini terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas V di SD Negeri Kedondong, Kecamatan Sokaraja, sebanyak 26 orang. Instrument yang digunakan adalah teknik tes menggunakan soal evaluasi dan teknik non tes menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan team quiz dapat meningkatkan efikasi diri dan prestasi belajar peserta didik dengan kriteria baik.

References

Ahmadi, A & Supriyono, W. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arifin, Z. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto dan Safruddin. 2010. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arikunto, dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Efendi, R. 2013. “Self Efficacy: Studi Indigenous pada Guru Bersuku Jawa. Journal of Social and Industrial Psychology.” Vol. 2, No.2.
Fattah, H. 2017. Kepuasan Kerja dan Kinerja Pegawai. Yogyakarta: Elmatera.
Kusumawati, N. 2017. “Penerapan Metode Active Learning Tipe Team Quiz untuk Meningkatkan Keaktifan Bertanya dan Kreatifitas Peserta didik pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN Ronowijayan. Vol. 1, No. 2.” Dalam Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD).
Kemmis, S & McTaggart, R. 1982. The Action Research Planner. Victoria: Deakin University.
Mulyasa, E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Salahudin, A & Alkrienciechie, I. 2013. Pendidikan Karakter (Pendidikan Berbasis Agama dan Budaya Bangsa). Bandung: CV Pustaka Setia.
Samani, M & Hariyanto. 2012. Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Santrock, John W. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sinulingga, J. N. 2016. “Kepribadian dan Efikasi Diri dengan Motivasi Belajar Peserta didik Kelas V Sekolah Dasar. Vol. 7. “ Dalam Jurnal Pendidikan Dasar.
Widoyoko, E.P. 2018. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Published
2019-06-30