Pengembangan Modul Ajar Berbasis Inkuiry Terbimbing
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar berbasis inkuiri terbimbing yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Modul yang dikembangkan disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik dan kurikulum yang berlaku, serta divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba dilakukan pada siswa sekolah menengah pertama dengan pendekatan kuasi-eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ajar berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Modul ini mampu meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, melatih kemampuan bertanya, dan memecahkan masalah secara mandiri. Berdasarkan temuan ini, modul ajar berbasis inkuiri terbimbing direkomendasikan untuk digunakan sebagai salah satu alternatif bahan ajar dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.
References
Dimyati, M., & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Gumay, O. P. U., Ariani, T., & Putri, G. A. (2020). Development of Physics Modules Based on Inquiry in Business and Energy Subjects. Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ), 3(1), 46-60.
Panggabean, Nurul., H & Danis, Amir. (2020). Desain Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Sains. Jakarta: Yayasan kita menulis.
Pransiska, P., Amin, A., & Gumay, O. P. U. (2019). The Effectiveness of Contextual based Textbooks on the Amount and Measurement Material of Class X Students of Tugumulyo Senior High School. Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ), 2(2), 82-88.
Putri, A. A. O., Gumay, O. P. U., & Sulistiyono, S. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas VII SMP IT Al-Furqon. Jurnal Perspektif Pendidikan, 18(1), 80-91.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Yanti, N. A. A., Gumay, O. P., & Amin, A. (2023). Pengembangan alat peraga papan seluncur (panslur) sebagai media pembelajaran fisika pada materi hukum newton untuk meningkatkan minat dan hasil belajar fisika. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(2), 56-61.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Perspektif Pendidikan by https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.